KNPI Karimun pilih pengurus setelah vakum lima tahun

id KNPI Karimun,musda,bupati,aunur rafiq

KNPI Karimun pilih pengurus setelah vakum lima tahun

Bupati Karimun Aunur Rafiq memberikan kata sambutan dalam pembukaan Musda V DPD KNPI Karimun. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

KNPI adalah wadah organisasi kepemudaan. KNPI adalah mitra pemerintah daerah dalam membangun, karena itu kita berharap KNPI memiliki pemimpin yang mempunyai visi misi dan jiwa kewirausahaan
Karimun (ANTARANews Kepri) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau memilih kepengurusan baru setelah organisasi ini vakum hampir lima tahun.

"Vakum, tetapi pengurusnya ada. Dan kita berharap dengan Musda ini, akan lahir pengurus yang berisi figur-figur yang memiliki kekuataan bagi KNPI," kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq, saat membuka Musda V DPD KNPI Karimun di Gedung Nilam Sari, Kantor Bupati Karimun, Minggu sore.

Dia berharap, kepengurusan yang baru bisa menjalankan roda organisasi dengan bersinergi bersama seluruh organisasi kepemudaan berskala nasional maupun lokal.

"KNPI adalah wadah organisasi kepemudaan. KNPI adalah mitra pemerintah daerah dalam membangun, karena itu kita berharap KNPI memiliki pemimpin yang mempunyai visi misi dan jiwa kewirausahaan," kata Bupati.

Selain vakum selama hampir lima tahun, kepengurusan DPD KNPI Karimun juga dibekukan karena masa jabatan pengurus yang lama juga sudah habis setahun lalu.

"Sesuai keputusan DPD KNPI Provinsi Kepri. Saya yang juga Wakil Ketua di provinsi ditunjuk sebagai pelaksana tugas(Plt) yang ditugaskan untuk melaksanakan Musda," ujar caretaker Ketua DPD KNPI Karimun, Samsul ketika dikonformasi seusai pembukaan Musda.

Samsul mengatakan, kepengurusan lama telah diperpanjang sebanyak tiga kali, atau selama 9 bulan, namun belum juga menggelar Musda.

"Tidak ada konflik internal terkait penunjukan caretaker ini. Dan alhamdulillah hari ini kita bisa menggelar Musda yang dihadiri utusan dari 29 OKP sebagai peserta, ditambah 12 kepengurusan KNPI tingkat kecamatan, dan 12 utusan OKP daerah sebagai peninjau," katanya.

Samsul yang juga anggota DPRD Karimun mengatakan, saat ini sudah berkembang dua nama sebagai bakal kandidat ketua, yakni dirinya dan Edo Saputra.

"Untuk maju sebagai calon ketua, minimal mendapat dukungan 20 persen dari total OKP. Soal siapa yang terpilih, tentu tergantung dinamika yang berkembang dalam Musda," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Hukum DPD KNPI Provinsi Kepri, Everius Halima mengharapkan, Musda ini melahirkan kepengurusan baru yang lebih energik dan siap untuk melaksanakan program organisasi.

"KNPI itu laboratorium kader. Dan kita berharap Musda ini melahirkan pemuda yang menjadi kader bangsa, negara dan daerah," katanya.

Everius mengakui, kepengurusan KNPI Karimun vakum hampir lima tahun sehingga kiprahnya sebagai wadah berhimpun OKP tidak kelihatan di tengah-tengah masyarakat.

"Kevakuman ini juga karena terbentur masalah internal di pusat, sehingga merambat ke daerah. Dan dengan terpilih Rifai Darus sebagai ketua umum, sekarang konsolidasinya sungguh luar biasa sehingga KNPI di daerah-daerah kembali berjalan normal," ujarnya.

Everius menambahkan karena KNPI Karimun dipimpin "caretaker" yang mengambilalih kepengurusan lama, maka Musda V tersebut tidak mengagendakan penyampaian laporan pertanggungjawaban dari kepengurusan lama.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE