Bawaslu Kepri tingkatkan kapasitas PPL

id Bawaslu Kepri,pengawas pemilu lapangan

Bawaslu Kepri tingkatkan kapasitas PPL

Komisioner Bawaslu Provinsi Kepri, Indrawan (Antaranews Kepri/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARANews Kepri) - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Riau (Bawaslu Kepri) akan meningkatkan kapasitas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) untuk meningkatkan pengawasan.

Komisioner Bawaslu Kepri Indrawan, di Tanjungpinang, Minggu, mengatakan, PPL merupakan ujung tombak dalam pengawasan pemilu karena itu kapasitas mereka perlu ditingkatkan.

"Pengawasan pemilu perlu ditingkatkan sebagai upaya meningkatkan kualitas pemilu. Karena itu, kami akan meningkatkan kapasitas mereka melalui peningkatan pengetahuan dan strategi pengawasan," ujarnya.

Indrawan menginginkan keberadaan Bawaslu dari tingkat provinsi hingga RT dan RW dirasakan masyarakat. Karena itu, peranan anggota Bawaslu Kepri beserta jajarannya perlu ditingkatkan.

"Tentu keberadaan Bawaslu harus dirasakan peserta pemilu dan masyarakat. Kami mendorong agar pemilu berlangsung tertib, adil, jujur dan bermartabat," ucapnya.

Indrawan juga mengingatkan anggota Bawaslu kabupaten dan kota meningkatkan kinerjanya. Pengawasan terhadap pemilu perlu diperketat, apalagi tensi politik semakin meningkat menjelang Pemilu 2019.

"Pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye perlu diperketat, dan penanganan terhadap pelanggaran pemilu dilaksanakan secara profesional, dan adil," tegasnya.

Ia menambahkan strategi penanganan terhadap dugaan pidana pemilu juga harus matang, jangan sampai menimbulkan penilaian negatif dari masyarakat dan peserta pemilu. Berita acara terhadap pelaksanaan penanganan kasus dugaan pidana pemilu juga harus disampaikan secara tegas dan jelas.

"Penanganan kasus pidana pemilu bukan hanya dilakukan oleh Bawaslu, melainkan Gakkumdu sehingga proses penanganan kasus itu hingga putusan hatus dituangkan secara jelas dan tegas dalam berita acara," ucapnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE