Pemkot Batam catat 40 kebakaran lahan dalam sebulan

id kebakaran hutan, kebakaran hutan batam, dinas pemadam kebakaran hutan, kepala dinas pemadam kebakaran batam, azman batam, hotspot batam

Pemkot Batam catat 40 kebakaran lahan dalam sebulan

arsip foto. Kebakaran hutan dan lahan di Riau (Antara News/FB Anggoro)

Masalahnya, kebakaran yang terjadi di lokasi tidak terjangkau saja. Jangankan kendaraan, orang saja tidak bisa ke sana
Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mencatat telah terjadi 30 hingga 40 kebakaran lahan di penjuru kota dalam sebulan terakhir. 

"Sebanyak 90 kebakaran dalam 3 bulan terakhir, dan bulan ini saja, 30 sampai 40 kebakaran," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, Azman di Batam, Rabu.

Menurut dia, kebakaran lahan yang terjadi relatif kecil. Luasan yang terbakar pun tidak luas.

Kebakaran yang terjadi dapat ditangani dengan baik oleh seluruh mobil pemadam kebakaran yang dimiliki Pemkot Batam ditambah yang dikelola Badan Pengusahaan Kawasan Batam.

"Jumlah mobil pemadam kebakaran yang ada sekarang cukup untuk menangani kebakaran," kata Azman.

Namun memang, kata dia melanjutkan, beberapa kebakaran terjadi di lokasi yang sulit dijangkau kendaraan, sehingga penanganannya relatif sulit. 

"Masalahnya, kebakaran yang terjadi di lokasi tidak terjangkau saja. Jangankan kendaraan, orang saja tidak bisa ke sana," kata dia.

Untuk daerah yang sulit terjangkau, Dinas Pemadam Kebakaarn hanya memantau, demi memastikan api tidak membesar dan merembet ke kawasan pemukiman.

Menurut dia, di banyak kejadian, api di daerah tidak terjangkau biasanya mati sendiri, begitu saja. Tanpa dibantu pemadaman.

"Kalau yang jauh mati sendiri. Begitu habis, habis dia," kata Azman.

Sampai saat ini, Pemkot Batam belum akan meminta bantuan Kementerian Lingkungan Hidup untuk memadamkan api menggunakan helikopter, karena masih bisa ditangani sendiri.

Selain itu, menurut dia, helikopter pemadam api lebih dibutuhkan untuk menangani kebakaran di daerah-daerah Provinsi Riau.

"Karena Riau banyak 'hotspot'. KLHK fikus di sana, di sana banyak lahan gambut, kalau di sini enggak," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia meminta masyarakat untuk menghindari aktivitas membakar sampah, juga tidak membuang puntung rokok sembarangan, agar api tidak membesar dan terjadi kebakaran.

Baca juga: Hari ini tiga kebakaran lahan di Natuna

Baca juga: BP Batam carikan lahan untuk korban kebakaran

Baca juga: BP Siapkan lahan untuk korban kebakaran

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE