Gubernur apresiasi pleno rekapitulasi berjalan jurdil dan demokratis

id Pemilu 2019

Gubernur Kepri Nurdin Basirun. (ANTARA/Pradanna Putra Tampi)

Dalam Pemilu 2019 ini masyarakat Kepri semakin dewasa, partisipasi pemilih cukup tinggi sehingga pelaksanaan pesta demokrasi berjalan aman, lancar, jujur, adil dan demokratis,
Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengapresiasi pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi yang berlangsung di Tanjungpinang Kamis (9/5) dengan jujur, adil dan demokratis .

"Dalam Pemilu 2019 ini masyarakat Kepri semakin dewasa, partisipasi pemilih cukup tinggi sehingga pelaksanaan pesta demokrasi berjalan aman, lancar, jujur, adil dan demokratis," kata dia kepada Antara.

Menurutnya, Pemilu 2019 telah berjalan aman dan lancar dan semua prosesnya dikawal secara baik dari pihak penyelenggara, yaitu TNI-Polri yang hingga kini mampu menciptakan suasana yang kondusif di Kepulauan Riau.

Dalam pengamanannya, sebanyak 530 personil TNI-Polri mengamankan jalannya proses rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi dalam semarak Pemilu 2019.

Pembukaan rapat pleno oleh Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati itu dilanjutkan dengan pembacaan dasar hukum, maksud, tujuan, serta tata tertib rapat pleno. Kemudian pembukaan lima kota suara dari masing-masing Kabupaten/Kota se Kepri, kecuali Batam dan Natuna.

Senada, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri, H Abdul Razak turut mengapresiasi jalannya pleno rekapitulasi yang dihadiri unsur penyelenggara Pemilu.

"Selama proses terlaksananya Pemilu di Kepri dan hingga kini sudah memasuki tahap pleno rekapitulasi tingkat provinsi sudah berjalan baik. Ada pun permasalahan dalam prosesnya juga telah diselesaikan melalui mekanisme dan hukum yang berlaku," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar