Bawaslu Kepri ajak mahasiswa UMRAH perkuat pengawasan

id Bawaslu Kepri, libatkan, mahasiswa UMRAH, perkuat pengawasan

Bawaslu Kepri ajak mahasiswa UMRAH perkuat pengawasan

Komisioner Bawaslu Kepri Indrawan (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Riau melibatkan mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kota Tanjungpinang untuk memperkuat pengawasan pilkada serentak 2020.

Komisioner Bawaslu Kepri Indrawan, di Tanjungpinang, Minggu, mengatakan, mahasiswa UMRAH diharapkan berpartisipasi melakukan pengawasan pilkada di sekitar pemukimannya. Mahasiswa juga dapat mendorong pemilih untuk menggunakan hak suaranya.

Rencana penguatan pengawasan partisipatif pada penyelenggaraan tahapan pilkada itu telah dibicarakan dengan Rektor UMRAH Agung Dhamar Syakti.

Kerja sama Bawaslu Kepri-UMRAH juga dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dan riset terkait persoalan kepemiluan.

"Rektor UMRAH menyambut baik upaya Bawaslu Kepri dalam meningkatkan pengawasan partisipatif. Pembicaraan kami akan dilanjutkan ke dalam perjanjian kerja sama," katanya.

Indrawan memberi apresiasi kepada pihak UMRAH yang kerap berpartisipasi dalam setiap penyelenggaraan pesta demokrasi. Dosen dan mahasiswa kampus itu dinilai cukup aktif mendukung pelaksanaan pemilu dan pilkada sesuai ketentuan yang berlaku, dan berlangsung sukses.

Sejumlah pelaksanaan pemilu dan pilkada, Bawaslu Kepri serta Bawaslu kabupaten dan kota di wilayah itu kerap melibatkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan sosialisasi.

"Kami berharap juga partisipasi dosen dan mahasiswa pada kesempatan pelaksanaan tahapan pilkada di masa pandemi COVID-19," katanya.

Ia mengemukakan Bawaslu Kepri juga akan melibatkan mahasiswa dari kampus lainnya di Kepri untuk meningkatkan partisipasi pengawasan.


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE