Makam para raja di Kepri jadi tujuan wisata religi

id wisata religi,raja melayu,kerajaan melayu,pariwisata kepri,kepulauan riau

Makam para raja di Kepri  jadi tujuan wisata religi

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin dan rombongan saat melakukan ziarah di Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa di Sei Carang, Senggarang, Tanjungpinang, Sabtu. (ANTARA/HO)

Tanjung Pinang (ANTARA) - Pjs Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Bahtiar Baharuddin menyampaikan kondisi peninggalan makam-makam raja yang ada di daerah tersebut berpotensi besar menjadi tujuan wisata religi baik tingkat nasional maupun internasional, asal dikelola lebih maksimal lagi.

Menurutnya, para raja ini sebenarnya bukan hanya tokoh nasional namun juga Internasional karena Kerajaaan Melayu dahulunya menguasai hingga tiga negara saat ini yaitu dari Indonesia, Malaysia, Singapura, bahkan hingga ke Brunei Darussalam.

"Potensi sejarah ini yang harus kita maksimalkan dan jelaskan pada turis-turis dari negara tersebut, bahwa sebenarnya leluhur mereka sebenarnya berasal dari sini,” ujar Bahtiar saat melakukan Ziarah ke Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa di Sei Carang, Kota Tanjung Pinang, Sabtu.

Untuk merubah wajah Kepri menjadi wisata religi kelas internasional, kata Bahtiar, banyak yang harus dilakukan, baik oleh Pemprov Kepri maupun Pemkot Tanjung Pinang maupun dengan kabupaten/kota lain yang masih memiliki jejak peninggalan Kerajaan Melayu terdahulu, seperti yang terdapat di Pulau Penyengat, Kota Tanjung Pinang, dan Pulau Daik, Kabupaten Lingga.

“Kita harus perbaiki akses jalan agar lebih baik. Makam juga harus dipugar kembali, kalau bisa di sekitar makam dibuat pelataran dan pendopo yang luas agar para penziarah yang datang bisa nyaman. Lebih baik lagi sediakan tempat salat wisman, dan bahkan tempat menginap sementara mereka. Intinya buat para penziarah nyaman,” jelasnya.

Bahtiar mencontohkan makam-makam tokoh dan raja di Pulau Jawa, seperti makam para wali maupun makam para raja dibuat nyaman sehingga penziarah bisa berlama-lama, bukan hanya satu hari bahkan satu minggu.

"Ada baiknya kita studi banding ke sana nantinya untuk mempelajari cara pengelolannya," ungkap Bahtiar.

Menurut Bahtiar, jika hal ini bisa diwujudkan maka banyak sekali manfaat yang bisa diterima oleh masyarakat Kepri, salah satunya adalah perbaikan perekonomian karena akan banyak wisatawan yang berkunjung baik dalam dan luar negeri.

“Wisata religi ini jika terwujud maka akan banyak dampak positifnya. Masyarakat bisa berjualan di sekitaran makam, produk-produk UKM lokal juga bisa dipasarkan, tempat penginapan pun semakin terisi tingkat huniannya," imbuh Bahtiar.

Ia menilai potensi tersebut luar biasa, apalagi Kepri berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan Singapura. "Tentu ini bisa jadi magnet buat menarik kunjungan wisatawan asing," tuturnya.

Saat melakukan Ziarah ke Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa, tempat pertama yang dikunjungi Pjs Gubernur dan rombongan adalah makam Daeng Marewah Kelana Jaya Putera Yang Dipertuan Muda Riau I, dilanjutkan ke makam Daeng Celak Yang Dipertuan Muda Riau II yang tidak jauh dari lokasi pertama. Di tempat ini Bahtiar memanjatkan doa dan melakukan tabur bunga.

Bahtiar turut menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukannya sebagai bentuk sikap sopan santun, hormat dan rasa terima kasih atas jasa-jasa para raja terdahulu yang telah mempertaruhkan nyawanya melawan para penjajah, hingga hingga dapat mempertahankan wilayah melayu yang bisa kita nikmati hingga sekarang.

“Sebagai pejabat sementara yang diberikan amanah memimpin daerah ini, sudah sepatutnya saya harus memiliki tata karma dan menghormati leluhur pemegang wilayah ini. Oleh karena itu hari ini kita ziarah ke makam leluhur sebuah wujud bentuk penghormatan,” ucap Bahtiar.



 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE