Batam (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau menargetkan 3 juta kunjungan wisman ke daerah setempat pada tahun 2024, sebanyak 2,3 juta di antaranya ditargetkan masuk melalui Kota Batam.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti di Batam, Ahad, mengatakan, selain Batam ditargetkan pula kunjungan wisman ke Kota Tanjungpinang sebanyak 100 ribu kunjungan, Kabupaten Bintan sebanyak 500 ribu kunjungan, dan Kabupaten Karimun sebanyak 100 ribu kunjungan.

"Ini target 3 juta yang kita bagi di empat pintu masuk di Kepri," kata Guntur.

Selain itu, ia menyampaikan dengan dibukanya penerbangan internasional dengan rute Kunming China ke Batam, menjadi salah satu untuk meningkatkan dan mencapai kunjungan wisman yang telah ditetapkan.

"Dari konteks pariwisata ini menjadi sebuah peningkatan daya saing kami. Mudah-mudahan target 3 juta yang diberikan oleh Kemenparekraf kepada Kepri ini bisa dicapai dengan semangat bersama," ujar dia.

Baca juga: BRGM tanam 396.700 bibit mangrove di Natuna pada 2023

Guntur menyebutkan setelah dibukanya penerbangan China-Batam, pada bulan Februari mendatang penerbangan Kuala Lumpur Malaysia-Batam juga akan tersedia di Bandara Internasional Hang Nadim.

"Penerbangan langsung Kuala Lumpur-Batam tiga kali seminggu, setelah itu nanti akan buka penerbangan Jeju Air dari Korea-Batam," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 133 penumpang penerbangan perdana dari Kunming, China, tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepri, Ahad pagi.

Baca juga: 133 penumpang penerbangan perdana dari China tiba di Bandara Batam


Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, mengatakan penerbangan tersebut sudah reguler dan terbuka untuk umum, tetapi dalam bentuk sewa.

Ia menyebutkan ke depannya penerbangan reguler lainnya dilakukan hingga tiga kali sepekan.

"Ini udah reguler sebenarnya tapi dalam bentuk charter, tapi sudah reguler. Jadi nanti sampai dengan Maret ini satu kali, Maret sampai Juni dua kali, kemudian mulai dari Juli tiga kali seminggu, tapi dalam bentuk reguler," kata Pikri.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dispar Kepri sebut ada empat pintu masuk wisman pada 2024

Pewarta : Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024