Natuna (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Natuna, Kepulauan Riau melakukan pengamanan secara melekat terhadap pasangan calon (paslon) pemilihan bupati dan wakil bupati (pilbup) setempat.
 
Kapolres Natuna AKBP Nanang Budi Santosa di Natuna, Senin, mengatakan pihaknya menugaskan delapan personel untuk menjaga dua paslon yang mengikuti pilbup setempat. Masing-masing paslon baik bupati maupun wakil bupati dijaga oleh dua orang personel.
 
Selain itu kata dia, pihaknya juga menyiagakan personel pada tahapan tertentu, terbaru yakni Senin (23/9) pagi pihaknya menyiagakan personel di setiap simpang yang di lewati oleh paslon yang akan mengambil nomor urut.
 
"Kita siagakan personel di jalur simpang, yang akan dilewati pasangan calon," ucap dia.
 
Ia menambahkan total personel yang disiagakan pada proses pengaman lalu lintas dan proses pencabutan undian sebanyak 78 personel.
 
"66 personel bertugas menjaga jalannya rapat pleno terbuka, 12 personil untuk pengawalan paslon," ujar dia.

Ia menambahkan pihaknya juga menugaskan satu orang personel untuk menjaga masing-masing ketua penyelenggara pilkada yakni Ketua Bawaslu dan Ketua KPU secara melekat.
 
Tujuannya untuk memberikan kelancaran dan kesuksesan dalam pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Natuna serta mewujudkan situasi yang aman dan sejuk selama proses pilkada berlangsung.
 
"Keberadaan personel tersebut menunjukkan komitmen Polres Natuna untuk memastikan keamanan dan ketertiban dalam setiap tahapan pilkada," ucap dia.

Baca juga: Polda Kepri kerahkan pengamanan maksimal pengundian nomor urut Pilkada 2024
 
Menurut dia, semua tahapan Pilkada akan lancar apabila seluruh elemen berkolaborasi. Oleh karena itu ia mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada 2024.
 
"Semoga upaya pengamanan ini dapat mendukung terciptanya Pilkada yang damai, sejuk, adil, dan bermartabat bagi semua pihak yang terlibat," ujar dia.

Baca juga: Polisi: Lolly anak Nikita jalani terapi di rumah demi keamanan

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024