Ketua DPRD Natuna nilai kinerja "Hamid Ngesti" cukup baik

id Natuna, Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar, Andes Putra, Bupati Natuna, Hamid Rizal, Ngesti Yuni Suprapti

Ketua DPRD Natuna nilai kinerja "Hamid Ngesti" cukup baik

Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar (batik kuning) bersama Bupati Natuna, Hamid Rizal (baju putih) saat mengunjungi Desa Kelanga, Bunguran Timur Laut, Natuna, Kamis (22/4). (Antara Kepri/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar mengatakan kinerja pasangan Bupati dan Wakil Bupati Natuna priode 2016 - 2021, Abdul Hamid Rizal dan Ngesti Yuni Suprapti dinilai cukup baik.

"Alhamdulillah selama kepemimpinan beliau pembangunan Natuna cukup pesat. Harapan kita kedepan dipertahankan, dan syukur - syukur lebih maju dan lebih baik dari sekarang, namun terlepas dari itu semua tentu manusia itu tidak luput dari kelemahan dan kekurangan, tapi yang jelas kita berkembang", kata Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar kepada ANTARA disela Kunjungan Menteri Kominfo di Natuma beberapa waktu lalu.

Terkait pertumbuhan ekonomi, Ia menilai saat ini Natuna memang mengalami persoalan akan hal tersebut, namun itu juga dialami banyak daerah lain di Indonesia.

"Diakhir kepemimpinan beliau (Hamid Rizal), Natuna dan Indonedia pada umumnya dilanda musibah COVID - 19 ini, dan musibah ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi, Natuna tentu kena imbasnya", jelas Amhar.

Selanjutnya, Ia ketika diminta menilai sejauh mana capaian kinerja Bupati Natuna dalam mengimplementasikan visi misi hingga diujung masa jabatan saat ini.

"Kalau saya nilai maksimal, walau banyak kekurangan, ada kekurangan dan kelebihan, tetapi sudah berusaha maksimal lah, terlepas dari itu semua pasti ada kekurangan, saya susah menyebutkan persentase, tapi angka diatas 70 hingga 80 persen lah", kata Amhar.

Disamping itu, secara kasat mata dilihat dari capaian pembangunan daerah, Ia mengatakan bisa diukur dari apa yang telah dibangun selama 5 Tahun terakhir.

"Pembangunan insprastruktur termasuk yang menonjol, termasuk listrik di Natuna selama beliau menjabat hampir terkoneksi seluruh kecamatan, hidup siang malam meskipun dulu kita ketahui masih banyak hidup hanya malam hari, kini sudah siang dan malam, daerah yang dulu terisolir tidak teraliri listrik, sekarang sudah teraliri listrik. Pembangunan jalan juga begitu, dan pembangunan lainnya juga maksimal," ungkapnya.

Sedangkan pembangunan di bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) tanpa menyebutkan angka, dibawah kepemimpinan Hamid Rizal, Amhar menilai sudah cukup baik.

"Pertumbuhan Sumber Daya Manusia Natuna saat ini termasuk tumbuh dengan baik, tidak menurun", kata Daeng Amhar.

Meningkatnya SDM Natuna juga dikatakannya dapat terlihat dari tingginya minat pelajar Natuna untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Pertumbuhan di sektor pendidikan seperti sekolah dan pelajar yang meneruskan ke perguruan tinggi itu terus meningkat", ujarnya.

Namun Ia juga tidak memungkiri adanya kendala pada proses pembanguna melalui sektor pendidikan dalam suasana pademi seperti saat ini.

"Memang kita mengalami sedikit kendala kalau boleh dibilang berjalan ditempat, pengaruh pertumbuhan ekonomi yang stagnan, itu bagaimana pun faktor ekonomi akan berpengaruh pada SDM, ekonomi yang baik akan berpengaruh pada SDM yang baik pula, mau tidak mau ekonomi harus ditingkatkan", kata Amhar.

Hasil dari pengembangan SDM bidang pariwisata minsalnya, kata Amhar, seperti diketahui bersama saat ini juga terus meningkat.

"Cuma karena pengaruh COVID - 19 ini, harusnya jalur transportasi dari dan ke Natuna ikut bertambah, namun karena lemahnya pertumbuhan ekonomi dan daya saing akhirnya tidak jadi masuk (pesawat terbang)", kata Amhar.

Masih menurut Amhar, meskipun dalam suasana pandemi pembangunan sektor pariwisata terus berjalan di Natuna.

"Saat ini Natuna juga telah dibangun penginapan, hotel, resort, karena kita berharap kedepan pasca pandemi COVID - 19 ini selesai, maka akan terjadi trailing pertemuan ekonomi, harusnya begitu, untuk itu perlu persiapan termasuk SDM dibidang pariwisata", kata Ketua DPRD.

Karena itu pula Ia berharap kepada Bupati terpilih nantinya akan segera dapat membangkitkan perekonomian masyarakat.

"Dan mudah - mudahan dibawah kepemimpinan bupati baru musibah COVID - 19 juga cepat selesai dan Natuna kembali pulih dan cepat majunya", kata Amhar.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE