Pengamat: Pilgub Kepri 2024 bakal jadi arena persaingan kubu keluarga

id Pilgub Kepri 2024

Pengamat: Pilgub Kepri 2024 bakal jadi arena persaingan kubu keluarga

Deklarasi pencalonan Ansar Ahmad, Marlin Agustina dan M. Rudi pada Pilkada Gubernur Kepri dan Wali Kota Batam tahun 2020. Foto ANTARA/Ogen.

Tanjungpinang (ANTARA) - Pengamat Politik Zamzami A Karim memprediksi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Kepri 2024 menjadi arena persaingan kubu keluarga antara Ansar Ahmad dan Muhammad Rudi.

"Saya menyebutnya, persaingan sengit antar kubu keluarga Ansar dan Rudi," kata Zamzami di Tanjungpinang, Senin (28/2).

Ansar yang saat ini menjabat Gubernur Kepri, beristrikan Dewi Kumalasari yang menjabat Wakil Ketua DPRD Kepri, dan anak dari keduanya Robby Kurniawan menjabat Plt Bupati Bintan.

Sementara Rudi yang merupakan  Wali Kota sekaligus Kepala BP Kota Batam, beristrikan Marlin Agustina yang menjabat Wakil Gubernur Kepri.

Zamzami mengatakan jika Wagub Marlin Agustina kemungkinan tidak akan maju sebagai calon Gubernur 2024. Justru Rudi yang bakal bersaing
memperebutkan kursi orang nomor satu di Kepri.

"Kehadiran Marlin di era kepemimpinan Ansar justru jadi batu sandungan Rudi menuju Pilgub Kepri. Meskipun hubungan Ansar-Marlin saat ini tidak harmonis," sebut Ansar.

Sampai sejauh ini harus diakui memang baru kedua figur politik Ansar dan Rudi yang diperkirakan kembali meramaikan bursa pencalonan Gubernur Kepri 2024.

Sementara figur-figur lainnya belum terdengar dan muncul ke permukaan, seperti mantan Gubernur Kepri Soerya Respationo dan Isdianto.

"Pemilu 2024 nampaknya masih lama, padahal sudah dekat, tapi baru dua figur yang menonjol," sebutnya. 

Lanjutnya menyampaikan baik sosok Ansar maupun Rudi juga sudah mulai memanaskan mesin politik jelang Pilgub Kepri 2024.

Ansar pelan-pelan telah bergerak mengambil kedudukan sosial, sebagai Ketua ICMI hingga anggota Kehormatan KAHMI Kepri.

"Ansar mulai merangkul organisasi masyarakat, tentu ini ada kaitannya dengan meraih dukungan politik," ucap Zamzami.

Tak jauh berbeda dengan Rudi, menurutnya, sosok Wali Kota Batam dua periode tersebut belakangan tampak aktif gencar turun ke masyarakat bahkan hingga ke pulau-pulau untuk bersilaturahmi sekaligus bertemu kader serta simpatisan Partai NasDem.

Terbaru, Ahad (27/2), Rudi melantik pengurus DPC dan DPRt NasDem se-Kota Tanjungpinang, dan dilanjutkan  dengan acara silaturahmi bersama warga setempat di empat lokasi berbeda.

"Ibarat mau bertanding, mesin patut dipanaskan dulu, biar siap adu kuat di gelanggang nanti," demikian Zamzami.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE