Ketua KPU RI dorong kantor KPU Kepri terbangun sebelum Pemilu 2024

id Pembangunan kantor KPU

Ketua KPU RI dorong kantor KPU Kepri terbangun sebelum Pemilu 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari berbincang dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Pulau Dompak, Tanjungpinang. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy'ari mendorong kantor KPU Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sudah terbangun sebelum pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

"Harapannya sebelum 2024, kantor KPU Kepri sudah bisa digunakan untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu," katanya di Tanjungpinang, Kamis.

Hasyim mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kepri atas hibah lahan seluas 5.001 meter persergi untuk pembangunan kantor KPU di pusat kantor Gubernur Kepri di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang.

Kendati hibah lahan itu sudah dilakukan sejak tahun 2019, namun sampai sekarang kantor KPU Kepri tak kunjung dibangun.

"Kalau sekiranya sebelum 2024, juga belum dibangun. maka, KPU Kepri terpaksa maksimalkan dulu fasilitas yang ada sekarang dengan menggunakan anggaran Pemilu," ujar dia.

Menurutnya ada tiga pola pembangunan kantor KPU Kepri, yaitu pertama menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) atau dibiayai pemerintah pusat,  kedua ibiayai penuh pemerintah daerah melalui APBD Pemprov Kepri, dan ketiga, sebagian pembangunannya didanai APBN, dan sebagian lainnya didanai APBD.

"Pola apa yang akan digunakan, nanti kita bahas lebih lanjut," ucapnya.

Sementara itu, Anggota KPU Kepri Priyo Handoko menyebut pihaknya sejak tahun 2015 menyewa ruko tiga lantai untuk dijadikan kantor, persisnya berada di Jalan Basuki Rahmat, Tanjungpinang.

"Jadi sudah tujuh tahun kami gunakan ruko ini sebagai kantor. Sebelumnya, kami pinjam Kantor RRI yang lama sebagai kantor," kata Priyo Handoko di Tanjungpinang.

Menurutnya ruko yang disewa sebagai kantor KPU Kepri itu dalam kondisi yang terbatas. Ruko itu sudah disekat oleh pemiliknya sebelum disewa.

Ruangan staf dan ruangan rapat, contohnya terlalu sempit. Bahkan ruang rapat tidak dapat menampung peserta Pemilu, seperti yang terjadi pada Pemilu 2014.

"Ruangan di kantor ini tidak representatif untuk penyelenggaraan Pemilu 2024," ujar Priyo.

Ia berharap kantor KPU Kepri permanen di Pulau Dompak segera terbangun guna menunjang kelancaran Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.
Pewarta :
Editor: Yuniati Jannatun Naim
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE