Kodim 0318/Natuna rekrut komponen cadangan tahun 2023

id Natuna, kepri, Komcad, Menhan, TNI

Kodim 0318/Natuna rekrut komponen cadangan tahun 2023

Komandan Kodim 0318/Natuna Letkol Inf Morison Chandra Karundeng saat acara sosialisasi di Gedung Sri Srindit, Natuna, Rabu (25/1). (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Kodim 0318/Natuna melakukan sosialisasi yang dilanjutkan dengan merekrut anggota Komponen Cadangan (Komcad) tahun 2023 bagi warga, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mahasiswa di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

"Ini program dari Kementerian Pertahanan, kita mendapatkan perintah untuk melaksanakan sosialisasi dan rekrutmen kepada masyarakat di Kabupaten Natuna," kata Komandan Kodim 0318/Natuna Letkol Inf Morison Chandra Karundeng dalam sosialisasi di Gedung Sri Srindit, Natuna, Rabu.

Ia mengatakan, rekrutmen Komcad merupakan upaya bela negara yang dilakukan oleh masyarakat untuk pertahanan keamanan negara dari intervensi negara asing.

"Penerapan nilai nilai Pancasila mengalami degradasi saat ini, jadi kegiatan ini sangat baik dalam membentuk disiplin, rasa bela negara dan cinta tanah air bagi para peserta yang ikut kegiatan ini," ujarnya.

Ia juga mengatakan bentuk bela negara warga negara yaitu ikut berpartisipasi dalam kegiatan Komando Cadangan, karena kegiatan itu merupakan pertahanan keamanan rakyat semesta.

Kegiatan Komcad berlandaskan pada UUD 1945 pasal 27 dan 30, UU Nomor 3 tahun 2022 tentang pertahanan negara, UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dan UU Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

"Rencana Pembentukan Komcad tahun 2023 konsep, adalah sumber daya nasional dari warga negara yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan serta kemampuan komponen utama," katanya. 

Ia menjelaskan, sumber daya nasional terdiri dari sumber daya manusia sebanyak 1.500 orang yang akan dilaksanakan konsep dari matra darat, matra laut dan matra udara.

"Tahapan pelaksanaan pembentukan Komcad SDM, pendaftaran dari tahapan sosialisasi, pengumuman pelamar bisa online atau pun offline, tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, seleksi dan kompetensi, Latsarmil lalu penetapan," ujarnya.

Pembentukan Komcad tahun 2023 dimulai dari pendaftaran pada 2 Januari hingga 14 April 2023.

Kemudian seleksi administrasi tanggal 17 sampai dengan 25 April 2023, seleksi kompetensi tanggal 26 April sampai dengan 8 Mei 2023, Pantukhir 5 Mei 2023, Latsarmil pengangkatan atau penyumpahan pada 8 Mei sampai dengan 8 Agustus 2023 dan rencana latihan pembulatan serta upacara penetapan pada pekan ke dua dan ketiga Agustus 2023.

Untuk mengikuti program itu, syarat yang harus dipenuhi yaitu mendaftar dengan menyertakan surat lamaran, KTP, Kartu Keluarga, surat keterangan dari lurah, surat keterangan catatan kepolisian, ijazah pendidikan terakhir, foto, surat keterangan sehat, daftar riwayat hidup, bersedia menandatangani surat pernyataan kesanggupan untuk mengikuti para samir, surat izin orang tua, serta surat izin dari instansi atau perusahaan atau universitas.

Adapun hak hak Komcad, uang saku sebesar Rp1.851 ribu, Kaporlak, perawatan kesehatan, perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, serta kematian dan kecelakaan kerja.

Selain itu, hak Komcad pada masa aktif juga mendapatkan uang saku dan pelatihan tunjangan operasi pada saat mobilisasi perawatan kesehatan perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian penghargaan. 

Masa pengabdian Komcad dari unsur warga negara sampai dengan usia maksimum 48 tahun, masa pengabdian dari unsur warga negara terdiri dari masa aktif dan masa tidak aktif. 



Sedangkan untuk pendaftaran secara online bisa melalui Website Https://komcad.kemhan.go.id.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE