Pemkab Bengkalis mengusulkan Datuk Laksamana Raja di Laut jadi pahlawan nasional

id Bengkalis, Datuk Laksamana Raja di Laut, pahlawan nasional

Pemkab Bengkalis mengusulkan Datuk Laksamana Raja di Laut jadi pahlawan nasional

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso melakukan tabur bunga di makam Datuk Laksamana Raja di Laut dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Ke-511 Bengkalis. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis, Riau, (ANTARA) - Pemkab Bengkalis, Provinsi Riau mengusulkan agar Datuk Laksamana Raja di Laut sebagai pahlawan nasional mengingat jasa besar dalam melawan penjajah demi mempertahankan marwah negeri ini.

"Mari kita dorong usulan Datuk Laksamana menjadi pahlawan nasional, mari bersama kita bersama-sama mulai dari masyarakat, umara, ahli waris dan tokoh adat kita meremukkan (menjadikan) untuk mengusulkan Datuk kita menjadi pahlawan nasional," kata Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso di Bengkalis, Selasa.

Ia mengatakan Datuk Laksamana Raja di Laut memiliki jiwa kepahlawanan karena penguasa laut yang terkenal pada zamannya.

Selain itu, sejarah telah mencatat bahwa keberanian dan semangat kepahlawanan Datuk Laksamana Raja di Laut menjadi sejarah dan dapat dijadikan sebagai motivasi serta keteladanan

"Bisa melalui semangat nasionalismenya, untuk terus berjuang menjaga kedaulatan negeri ini walaupun nyawa beliau sebagai taruhannya," kata dia.

Camat Bukit Batu Acil Esyno mengatakan Datuk Laksamana sosok yang perlu diteladani dalam menjaga marwah, tanah, dan negeri ini dari penjajah Portugis.

"Kita berharap usulan nama Datuk ini dijadikan pahlawan nasional diberikan kemudahannya," kata dia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bengkalis usulkan Datuk Laksamana Raja di Laut jadi pahlawan nasional

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE