Pemprov Riau bangun jalan dan jembatan hubungkan Bengkalis dan Meranti

id Riau bangun jembatan, Pulau Bengkalis, kepulauan meranti,Riau, Meranti, jembatan, pemprov riau

Pemprov Riau bangun jalan dan jembatan hubungkan Bengkalis dan Meranti

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Kepulauan Meranti, Suhendri saat mengikuti Forum Konsultasi Publik rencana pembangunan jalan dan jembatan yang menghubungkan Ketam Putih Bengkalis ke ruas jalan Tanjung Padang - Teluk Belitung, Senin, di Pekanbaru. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Pekanbaru, (ANTARA) - Pemprov Riau akan membangun jalan dan jembatan yang menghubungkan Pulau Bengkalis dan Pulau Padang Kepulauan Meranti dengan panjang kurang lebih 3,4 kilometer.

Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan mengatakan pembangunan jalan dan jembatan penghubung Bengkalis dengan Meranti itu merupakan kebijakan Pemprov Riau dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2019-2024 tentang konektivitas pulau terluar.

"Dengan adanya jembatan itu diharapkan bisa meningkatkan ekonomi dan memudahkan masyarakat menjual hasil pertanian," kata dia di Pekanbaru, Senin.

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR, Reni Ahiantini menambahkan, saat ini masyarakat Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti menggunakan perahu untuk transportasi ke luar pulau.

Dengan jembatan itu, maka diharapkan akan mendukung akses transportasi yang lebih mudah bagi masyarakat.

"Jembatan Ketam Putih ini krusial jika dilihat dari sisi ketahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena ini berada di pulau terluar, di sisi utara dan timurnya merupakan perbatasan negara Indonesia dan Malaysia," kata dia.

Namun begitu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menyampaikan lebih membutuhkan pembangunan jembatan penghubung ke Pulau Sumatra ketimbang jembatan penghubung ke Kabupaten Bengkalis.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Kepulauan Meranti Suhendri menjelaskan rencana Pemprov Riau membangun jembatan Bengkalis-Meranti tidak akan cukup berdampak signifikan terhadap perekonomian daerah.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE