Dinas Perpustakaan Natuna terima DAK Rp4,5 miliar dari Pusat

id Terima DAK,kepri,natuna,dinas perpustakaan,Dana Alokasi Khusus,DAK

Dinas Perpustakaan Natuna terima DAK Rp4,5 miliar dari Pusat

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna Erson Gempa Afriandi (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, akan menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp4,5 miliar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna Erson Gempa Afriandi di Natuna, Sabtu, mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk merenovasi dan membangun gedung perpustakaan daerah.

"Sudah dianggarkan oleh kementerian keuangan di tahun 2024," ucap dia.

Ia mengungkapkan pembangunan akan dimulai pada akhir Maret 2024 mendatang dan diperkirakan akan selesai pada September 2024.

Dari Rp4,5 miliar tersebut, kata Erson, pihaknya akan merenovasi gedung lama dan menambah satu gedung baru, tepat di sebelah gedung lama.

"Dari desainnya kita akan mengangkat ikon lokal, di atas gedung ada perahu kolek dan ada juga ukiran khas Serasan," ujar dia.

Ia menyebut gedung direncanakan akan diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional pada hari ulang tahun ke-25 Kabupaten Natuna yakni pada 12 Oktober 2024 nanti.

"Mohon doanya agar rencana ini lancar," kata dia.

Ia menambahkan dalam masa pembangunan gedung, perpustakaan akan ditutup untuk sementara waktu dan kantor Dinas Perpustakaan akan dipindahkan.

"Kita lagi mencari tempatnya," ucap dia.

Menurut Erson, renovasi dan pembangunan gedung akan memberikan dampak positif terhadap kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Natuna, pasalnya gedung akan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan mainan-mainan edukatif.

"Nanti akan ada internet dan beberapa fasilitas pendukung lainnya," ucap dia.*

Baca juga:
KPU Batam umumkan 733 orang masuk DCT Pemilu DPRD Kota Batam 2024
IGI Natuna gelar pelatihan menulis buku untuk tingkatkan literasi guru
Perkembangan Rempang Eco-City, 73 KK tempati hunian sementara

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE