Masyarakat pesisir paling rentan terdampak oleh perubahan iklim

id perubahan iklim,dampak perubahan iklim,brin,masyarakat pesisir,pulau tenggelam,warga pesisir,pesisir pantai

Masyarakat pesisir paling rentan terdampak oleh perubahan iklim

Sejumlah anak mencari kerang dan ikan yang terjebak air laut surut di pesisir Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Minggu (16/7/2023). (ANTARA/Sugiharto Purnama)

Jakarta (ANTARA) - Perubahan iklim yang memicu kenaikan muka air laut mempengaruhi kondisi masyarakat pesisir yang bermukim di pulau-pulau kecil karena daratan berpotensi hilang, kata Kepala Pusat Riset Kependudukan BRIN, Nawawi.

"Beberapa desa di Pekalongan, Jawa Tengah, hilang akibat peningkatan muka air laut. Isu perubahan iklim sangat relate dengan isu kependudukan. Banyak penduduk terpaksa harus pindah," ujarnya dalam sebuah diskusi yang dipantau di Jakarta, Rabu.
 
Nawawi menuturkan dampak perubahan iklim mempengaruhi kualitas kesehatan, kualitas hidup, derajat hidup, bahkan masa depan dari masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir.
 
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjadikan perubahan iklim sebagai salah satu isu strategis dalam proyek riset dan inovasi mengingat Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki banyak pulau dan mayoritas penduduknya bermukim di kawasan pesisir.
 
Sementara itu, Mahasiswa PhD dari Departement of Natural Resources and the Environment Universitas Cornell, Zulfirman Rahyantel mengungkapkan bahwa krisis iklim menjadi sebuah masalah yang kompleks dan menimbulkan ketidakadilan sosial.
 
Menurut dia kelompok masyarakat yang berkontribusi terhadap penyebab krisis iklim adalah mereka yang paling rentan dan paling merasakan dampak dari krisis iklim itu sendiri.

Baca juga:
Bea Cukai Batam gagalkan penyelundupan 564.000 batang rokok tanpa pita cukai
Pemkab Natuna perpanjang kontrak 1.348 orang pegawai non-ASN
KPU Kepri: LADK 12 partai politik belum lengkap



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Masyarakat pesisir paling rentan terdampak perubahan iklim

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE