Bawaslu Natuna awasi perekrutan PPK-PPS

id Pilkada 2024,PPK,PPS

Bawaslu Natuna awasi perekrutan PPK-PPS

Komisioner Bawaslu Natuna Sudarsono (kanan berdiri) saat melakukan pengawasan seleksi kompetensi PPK secara tertulis, di Natuna, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-KPU Natuna.

Natuna (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, mengawasi proses rekrutmen calon petugas badan ad hoc panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) pilkada 2024 yang dilakukan oleh KPU di daerah itu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna Siswandi saat dihubungi dari Natuna, Jumat, mengatakan pihaknya mengirimkan perwakilan, baik komisioner maupun staf Bawaslu untuk mengawasi setiap proses rekrutmen badan ad hoc tersebut..

"Saya baru pulang dari Kecamatan Pulau Laut  dalam rangka mengawasi proses perekrutan anggota PPK," ucap dia.

Dia mengatakan pengawasan tersebut dilakukan guna memastikan proses rekrutmen berjalan dengan tertib atau sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

"Sampai sejauh ini, tim kami belum menemukan adanya kegiatan-kegiatan yang keluar dari ketentuan," ujar dia.

Secara terpisah, Ketua KPU Kabupaten Natuna Kusnaidi mengatakan pihaknya sudah menyelesaikan tahapan uji kompetensi melalui Computer Assisted Test (CAT) dan tertulis.

"Senin, saya ke Pulau Serasan, sekarang kami melakukan tes wawancara. Tanggal 16 Mei ini anggota PPK sudah harus dilantik," ucap dia.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya juga tengah melakukan perekrutan anggota PPS.

"Proses perekrutan anggota PPS sedang berjalan, dan kami pastikan proses perekrutan secara terbuka dan transparan," ujarnya.

Dia berharap seluruh tahapan pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE