Warga Palestina meninggal di penjara Israel karena penyiksaan

id penjara israel,palestina di penjara israel

Warga Palestina meninggal di penjara Israel karena penyiksaan

Pemandangan Penjara Ofer milik Israel di Ramallah. ANTARA/Anadolu Agency/Mostafa Alkharouf/aa.

Gaza (ANTARA) - Direktur RS Al-Shifa di Kota Gaza, Mohammad Abu Salmiya mengatakan beberapa warga Palestina yang berada di penjara-penjara Israel meninggal selama interogasi karena penyiksaan, kelalaian medis, dan perampasan obat-obatan.

Berbicara pada konferensi pers sebagaimana dikutip dari Anadolu, Senin, Abu Salmiya mengatakan dirinya dan warga Palestina lainnya yang dibebaskan meninggalkan tahanan Palestina di penjara-penjara Israel “yang mengalami kondisi sulit.”

Abu Salmiya menambahkan bahwa para tahanan Palestina menjadi sasaran penyiksaan fisik dan psikologis, serta hanya diberi sedikit makanan.

“Tahanan Gaza kehilangan (rata-rata) 25 kilogram (55 pon) berat badan mereka karena kekurangan makanan,” kata Abu Salmiya.

Dia  menuturkan bahwa para dokter dan perawat Israel juga merupakan bagian dari penyerangan dan hukuman terhadap tahanan Palestina dengan tidak memberi mereka perawatan medis yang diperlukan.

“Dokter (Israel) di sana memukuli para tahanan, perawat memukuli para tahanan,” ucapnya.

Ia mendesak organisasi-organisasi internasional yang peduli dengan hak-hak para tahanan untuk mengunjungi para tahanan dan melihat kondisi sulit yang para tahanan alami di dalam penjara.

Pada Senin (1/7), Israel membebaskan Abu Salmiya dan sekitar 54 warga Palestina, termasuk dokter yang ditahan di Rumah Sakit Al-Shifa serta fasilitas medis lainnya selama operasi militer terpisah selama beberapa bulan terakhir.

Abu Salmiya ditangkap pada 23 November bersama dengan beberapa staf medis saat melakukan perjalanan dari Kota Gaza ke selatan wilayah kantong tersebut menyusul serangan Israel terhadap rumah sakit tersebut.

 

Sumber : Anadolu



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter : warga Palestina di penjara Israel meninggal karena penyiksaan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE