Seluruh kabupaten/kota se-Kepri raih predikat UHC dari BPJS Kesehatan

id UHC BPJS Kesehatan,Uhc award, uhc Kepri, BPJS Kesehatan,Karimun,Tanjungpinang,UHC Awards 2024,anambas,Universal Health Coverage,UHC, UHC Awards 2024,J

Seluruh kabupaten/kota se-Kepri raih predikat UHC dari BPJS Kesehatan

Kepala Bagian Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan pada BPJS Kesehatan Cabang Kota Tanjungpinang Wyzri Andipo. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - BPJS Kesehatan menyampaikan seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) pada ajang UHC Awards 2024 di Jakarta.

"Total ada tujuh pemerintah kabupaten/kota, termasuk Pemerintah Provinsi Kepri telah memperoleh penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan," kata Kepala Bagian Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan pada BPJS Kesehatan Cabang Kota Tanjungpinang Wyzri Andipo, di Tanjungpinang, Kamis.

Pria akrab disapa Dipo itu menyebut UHC sendiri merupakan cakupan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan guna memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta JKN.

Menurutnya untuk persentase kepesertaan JKN di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang masing-masing sudah melebihi 95 persen, antara lain Kota Tanjungpinang sebesar 95,34 persen, Kabupaten Bintan 96,04 persen, Kabupaten Lingga 98,34 persen, Kabupaten Natuna 102,03 persen, dan Kabupaten Anambas 102,67 persen.

Persentase peserta JKN di Natuna dan Anambas itu melebihi 100 persen, karena data kependudukan yang digunakan belum diperbarui oleh dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) setempat.

Kemudian, khusus Kota Batam persentase peserta JKN sebesar 98,60 persen, lalu Kabupaten Karimun sebesar 97,12 persen.

"Kalau untuk tingkat Provinsi Kepri, persentase peserta JKN sebesar 98,05 persen atau 2.108.413 jiwa," ungkapnya.

Lebih lanjut Dipo menyampaikan bahwa capaian UHC pemerintah daerah memberikan keuntungan bagi masyarakat yang mendaftar peserta JKN otomatis langsung aktif saat itu juga tanpa harus menunggu masa aktivasi selama 14 hari ke depan.

"Misalnya ada warga sakit lalu daftar BPJS Kesehatan, maka kartu JKN yang bersangkutan langsung aktif dan bisa dipakai berobat pada saat bersamaan," ucap Dipo.

BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang turut mengapresiasi upaya pemerintah daerah kabupaten/kota dan provinsi serta semua stakeholder di Provinsi Kepri, karena bahu-membahu mendorong cakupan peserta JKN sehingga berhasil meraih predikat UHC pada tahun 2024.

Capaian itu pula tentu menjadi nilai tambah bagi kinerja pemerintah daerah dalam rangka mendukung penyelenggaraan sekaligus meningkatkan kualitas program JKN bagi masyarakat.

"Kami siap memberikan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara kepada peserta JKN sesuai amanat konstitusi," demikian Dipo.

Pada acara UHC Awards 2024 di Jakarta, Kamis, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin memberikan penghargaan kepada kepala daerah dari 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota di Indonesia yang telah berhasil meraih predikat UHC.

Penghargaan ini diberikan dalam acara UHC Awards, sebagai bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam mendaftarkan penduduknya pada program JKN.
 
Baca juga:
Dinas Perikanan Batam terapkan sistem biofolk budidaya ikan air tawar

Pemkot Batam gelar kontes binaraga internasional sampai 12 Agustus

Pemko Batam ajak masyarakat pilah sampah yang miliki nilai ekonomis



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Seluruh kabupaten/kota se-Kepri raih predikat UHC BPJS Kesehatan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE