Pemkab Natuna beri bantuan alat penangkapan ikan ke nelayan di Batubi

id API,alat penangkap ikan,Alat bantu penangkap ikan,APBI,Natuna,Perikanan,Nelayan

Pemkab Natuna beri bantuan alat penangkapan ikan ke nelayan di Batubi

Bupati Natuna Wan Siswandi saat menyerahkan bantuan kepada nelayan pad Senin (9/9) di Kecamatan Bunguran Batubi. (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau memberikan bantuan alat penangkapan ikan (API) kepada nelayan Kecamatan Bunguran Batubi.
 
Bupati Natuna Wan Siswandi di Natuna, Senin, mengatakan jumlah API yang diberikan sebanyak 34 unit rawai.
 
Ia menjelaskan, bantuan tidak diberikan ke perorangan melainkan kelompok dan bantuan berasal dari dana alokasi khusus (DAK) 2024.
 
Adapun kelompok yang diberikan yakni Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Gunung Putri, Desa Gunung Putri, KUB Laut Seminteh, Desa Sedarat Baru, KUB Cahaya Sebuton, Desa Sedarat Baru dan KUB Batu Mayang, Desa Semedang.
 
"Mudah-mudahan ini bisa membawa perubahan, sehingga tidak perlu lagi memikirkan membeli alat-alat penangkapan ikan. Semua sudah ada," ucap dia.
 
Selain alat penangkap ikan Pemkab Natuna juga memberikan bantuan 156 alat bantu penangkapan ikan (ABPI) yang terdiri atas 28 unit Fish Finder (pendeteksi ikan), 30 unit radio, 36 unit tenaga surya, dan 62 unit fiber box.
 
"Mohon jangan dijual, gunakan dengan sebaik mungkin," ujar dia.
 
Menurut dia, pemerintah akan terus berupaya mensejahterakan warga, dengan memberikan berbagai bantuan alat kerja, pelayanan kesehatan, hingga infrastruktur lainnya.

Oleh karena itu, warga diminta untuk bersabar, sebab semua butuh proses. "Semua kita kerjakan secara bertahap, mengingat anggaran kita tidak besar," ucap dia.

Ia berharap bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh nelayan dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

"Semoga bantuan bisa mempermudah pekerjaan nelayan dan meningkatkan ekonomi keluarga," ujar dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE