SAR ungkap penemuan 7 jasad di Kali Bekasi

id Evakuasi jasad,Evakuasi Tim SAR,Evakuasi tujuh jasad,Jasad remaja pria,Kali Bekasi,Kota Bekasi

SAR ungkap penemuan 7 jasad di Kali Bekasi

Unit mobil ambulans masih disiagakan di lokasi penemuan tujuh jasad remaja pria di aliran Kali Bekasi pada titik Perumahan Pondok Gede Permai, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (22/9/2024). ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Bekasi (ANTARA) -
Tim pencarian dan pertolongan (SAR) Kota Bekasi mengungkap kronologi penemuan 7 jasad pria di Kali Bekasi, Perumahan Pondok Gede Permai, Kecamatan Jatiasih, Jawa Barat, Minggu.

Koordinator Unit Siaga SAR Kota Bekasi Rizky Dwianto mengatakan pihak turut serta dalam proses evakuasi 7 jasad, setelah menerima laporan dari masyarakat pagi tadi. 

"Unit Siaga SAR Bekasi Basarnas menerima informasi pukul 06.50 WIB yang menyebutkan ada jenazah yang mengambang di Kali Bekasi," kata Rizky di lokasi penemuan jasad, Minggu.

Dia menjelaskan, awalnya laporan masyarakat tersebut menyebutkan informasi ada lima jasad yang mengambang di Kali Bekasi. Namun, setelah personel SAR tiba di lokasi, melihat posisi enam jasad dengan jarak berdekatan, tidak menumpuk.
 
"Jasadnya berjarak kurang lebih 5 meter sampai 10 meter di masing-masing korbannya. Jadi, tidak bertumpuk," ungkap Rizky.
 
Posisi keenam jasad tersebut, lanjut dia, ditemukan di tengah Kali Bekasi yang dangkal, dalam keadaan tertelungkup.
 
"Itu jasad-jasad korban memang sudah bersandar di lokasi kali yang dangkal," ujarnya.
 
Lebih lanjut dia katakan, setelah menemukan keenam jasad, pihaknya melakukan pencarian lebih lanjut dengan menyusuri kali, hingga menemukan lagi satu jasad yang posisinya berjarak radius 50 meter dari lokasi penemuan keenam jasad sebelumnya.
 
Setelah ketujuh jasad terkumpul, tim SAR langsung mengevakuasi ke unit mobil ambulans dan diserahkan ke polisi. Kemudian untuk kepentingan penyidikan jasad-jasad tersebut dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramatjati oleh pihak kepolisian.

Informasi yang beredar di masyarakat, tujuh jasad itu adalah remaja yang menceburkan diri ke Kali Bekasi karena menghindari diri dari polisi pada Sabtu (21/9) dini hari.

Terkait informasi tersebut, Rizky mengaku tim SAR semula tidak mengetahui jika ada kejadian tersebut.
 
"Sebelum berita penemuan ini disampaikan kepada kami, sebelumnya (informasi) itu belum ada. Terkait dengan konfirmasi ada anak-anak yang mencemburkan diri karena dibubarkan oleh kepolisian," katanya.
 
Usai evakuasi dilakukan, tim SAR Kota Bekasi masih melakukan penyisiran di aliran Kali Bekasi untuk mencari apakah masih ada korban lainnya atau tidak yang belum terevakuasi.
 
"Untuk tim SAR gabungan siang hari ini sampai dengan sore hari ini, kami maksimalkan untuk memastikan sudah tidak ada korban lagi di aliran Kali Bekasi," kata Rizky

Imbas dari penemuan 7 jasad tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto meminta Propam Mabes Polri untuk turut melakukan penyelidikan atas temuan tujuh jasad remaja pria di aliran Kali Bekasi dengan memeriksa Tim Presisi Polres Metro Bekasi Kota.

Karyoto memastikan institusi kepolisian tidak akan menutup-nutupi apabila hasil penyelidikan mendatang ada faktor kelalaian anggota kepolisian saat menjalankan tugas.

Jenderal polisi bintang dua itu akan melihat kalau ada kelalaian-kelalaian itu dari pihak siapa, kemudian pihaknya akan meminta pertanggungjawaban yang bersangkutan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: SAR evakuasi tujuh jasad di Kali Bekasi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE