Fraksi DPRD Anambas Dibentuk

id Fraksi, DPRD Anambas, Dibentuk, Radja

Anambas (Antara Kepri) - Setelah dilantik 1 September 2014 lalu, anggota  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas kini telah membentuk empat fraksi yakni Fraksi PPP Plus, Fraksi PDIP Plus, Fraksi Amanat Karya Indonesia Raya dan Fraksi PBB.

"Sebelumnya fraksi di DPRD Anambas  hanya tiga fraksi yakni, Fraksi Bulan Bintang Plus, Fraksi Bersatu Memperjuangkan Amanat Rakyat (F-BMAR) dan Fraksi Demokrasi Karya Nurani Bangsa (DKNB). Tapi kini menjadi 4 fraksi sesuai dengan hasil sidang paripurna, Jumat kemarin," ujar Sekretaris DPRD Anambas, Taufik Effendi kepada sejumlah wartawan, Ahad.

Taufik menjelaskan , PPP plus partai yang bergabung didalamnya PPP dan partai Demokrat dengan susunan pengurus, Ketua Asnidar, wakil ketua Adnan Nala, sekretaris Danun sementara anggotanya, Imran, Ayub S.ip dan Syafrilis.

Sementara PDIP plus gabungan dari partai PDIP dan Hanura dengan kompenen pengurusnya yakni, ketua Yusli YS, wakil ketua Samsir Umri, sekretaris Julius dan anggota Mulyadi dan Wan Suhendra.

Untuk fraksi Amanat Karya Indonesia Raya yakni dari PAN, Golkar dan Gerindra yang diketuai oleh M Da'i, wakil ketua Hj Tetty Herdianti SH, sekretaris, Rocky H Sinaga dan anggotanya, Raja Bayu, Jasril Jamal dan Julius SH.

Sementara fraksi PBB diketuai oleh Darusman, Sekretris Amri dan anggota Amat Yani. "Setelah terbentuk susunan fraksi maka anggota dewan yang baru dilantik ini juga berkewajiban untuk membuat pansus tata tertib (tatib) dan pansus kode etik anggota DPRD. Untuk pembentukan pansus anggota sudah mulai bekerja hari ini dan kita harap secepatnya selesai,"  katanya.

Taufik berpendapat , setelah terbentuk unsur kelengkapan dewan maka tugas pimpinan sementara sekarang untuk membentuk susunan pimpinan defenitif saat ini masing-masing fraksi diminta oleh pimpinan sementara untuk mengusulkan calon ketua DPRD dari fraksinya.

"Fraksi sudah terbentuk, jadi masing-masing fraksi akan diminta oleh pimpinan sementara sekarang ini untuk mengusulkan calon ketua DPRD. Sekarang baru satu fraksi yang telah mengusulkan calon pimpinan defenitif yakni dari fraksi Partai Bulan Bintang (PBB) mengusulkan Amat Yani sebagai wakil Ketua II DPRD," katanya.

Taufik kembali menambahkan, sesuai dengan surat yang masuk ke Sekwan belum ada usulan dari fraksi PDIP Plus dan dari fraksi Amanat Karya Indonesia Raya. Bahkan tidak tertutup kemungkinan unsur pimpinan sementara menjadi pimpinan defenitif namun hal itu harus sesuai dengan mekanisme.

"Bisa saja unsur pimpinan sementara sekarang menjadi unsur pimpinan defenitif tergantung fraksi mereka mengusulkan siapa yang menjadi ketua DPRD nanti," tandasnya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir
Editor: Jo Seng Bie
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar