Polres Karimun Musnahkan Ratusan Knalpot "Racing"

id Polres,Karimun,Musnah,Ratusan,Knalpot,Racing

Knalpot ini banyak juga yang kami dapatkan di jalan raya saat menggelar razia
Karimun (Antara Kepri) - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Karimun, Kepulauan Riau, memusnahkan sedikitnya 200 knalpot "racing" atau knalpot blong yang disita dalam beberapa razia maupun dari pedagang suku cadang sepeda motor.

Pemusnahan knalpot "racing" ini dilakukan dengan cara dipotong di sela perayaan Hari Ulang Tahun Lalu Lintas ke-66 di Markas Polres Karimun, Jumat.

Pemusnahan dipimpin Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin bersama Wakapolres Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika, Kasatlantas AKP Teuku F Kenedy, Kepala Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim dan perwakilan dari beberapa instansi.

"Knalpot ini banyak juga yang kami dapatkan di jalan raya saat menggelar razia," kata Kapolres AKBP Agus Fajaruddin.

Agus mengatakan knalpot racing yang berbunyi nyaring dilarang digunakan, dan pihaknya beberapa kali menggelar razia bersama instansi dan dinas terkait, sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat yang resah dengan bunyi knalpot racing. "Jadi, berkuranglah penyakit jantung masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, pada dasarnya pihaknya tidak melarang penjualan knalpot racing tersebut, sepanjang tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

Suara yang ditimbulkan oleh knalpot tersebutpun menurutnya dapat mengganggu kenyamanan orang lain, terlebih pada saat malam hari. Dimana penggunaan knalpot ini cenderung digunakan oleh remaja.

"Penggunaan secara kebut-kebutan dapat mengganggu keselamatan orang lain dan dirinya sendiri," katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan aturan berkendara di jalan raya.

"Kegiatan seperti ini akan terus kita lakukan, razia juga kita giatkan," kata dia.

Hari Ulang Tahun Lalu Lintas ke-66 di lingkungan Polres Karimun tidak hanya diisi dengan pemusnahan knalpot racing sitaan, tetapi juga dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan, antara lain lomba polisi cilik dan pemilihan Duta Lalu Lintas.

Polres Karimun, dalam rangka memperingati HUT Lantas ke-66 juga melakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan seperti pembuatan SIM, STNK dan lainnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE