Akari Ceq Connon ikuti Batam Internasional Culture

id Akari,Ceq,Connon,Batam,Internasional,Culture,melayu

Kapolres Lingga sambut kedatangan rombongan Akari Ceq Connon. (antarakepri.com/Nurjali)

Kita diundang untuk menjadi peserta pada ajang tersebut, ini merupakan kebanggaan bagi kami bisa tampil di even di Kota Batam ini, apalagi pesertanya dari mancanegara
Lingga (Antara Kepri) - Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Ceq Connon Singkep Kabupaten Lingga kirim 25 talenta dengan berbagai tema kostum pada Batam International Culture Carnival 2017 yang diselenggarakan Badan Pengusahaan (BP) Batam di Batam Kepulauan Riau, Kamis.

"Kita diundang untuk menjadi peserta pada ajang tersebut, ini merupakan kebanggaan bagi kami bisa tampil di even di Kota Batam ini, apalagi pesertanya dari mancanegara," kata Arbain Wakil Ketua AKARI Kabupaten Lingga saat dihubungi Antara.

Akari Ceq Connon sendiri saat ini sudah memiliki berbagai prestasi di parade kostum karnaval ini, hampir setiap tahunnya Akari selalu diundang untuk mengisi kegiatan Jember Fashion Festival sebagai event terbesar tingkat Nasional. 

Selain itu untuk wilayah Kepri sendiri Akari sudah cukup dikenal dengan mengangkat tema berbagai potensi budaya melayu yang didesain oleh Desainer dan Dekorator terlatih yang berasal dari pulau Singkep Kabupaten Lingga. Arbain juga menambahkan pada tahun 2018 mendatang Akari Ceq Connon juga akan mengirim anggotanya ke Singapura dan Brunai Darussalam.

Karnaval yang diselenggarakan oleh BP Batam dalam rangkat hari jadi Kota Batam ke-188 ini akan menampilkan budaya nusantara dan parade karnaval yang mirip dengan Jember Fashion Carnival di Jawa Timur. Adapun beberapa tampilan parade karnaval yang akan ditampilkan antara lain Kostum Sangsapurba, Tepak Sirih, Regalia atau Cogan, Makyong, Jong, Seafood Paradise, dan parade kesenian lainnya.

Meskipun diakui tidak mendapat dukungan langsung dari Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga, namun kegiatan ini didukung oleh berbagai pihak di Kabupaten Lingga sendiri di antaranya Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi yang tampak langsung menyambut kedatangan para peserta di Kota Batam.

Ditambahkannya para peserta yang memakai kostum ini sebagian besar juga merupakan anak-anak muda yang ingin melampiaskan ekspresinya dibidang seni. Selain itu ada juga anak-anak sekolah yang ikut bergabung di Akari Ceq Connon ini. Kegiatan ini menurutnya juga sebagai promosi potensi di Kabupaten Lingga khususnya Pulau Singkep yang memiliki berbagai talenta muda.  (Antara)

Editor: Rusdianto

Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar