Banyak partai kesulitan cari caleg di Karimun

id Parpol karimun,Kesulitan cari caleg

Banyak partai kesulitan cari caleg di Karimun

Ilustrasi caleg perempuan. (Foto: Antaranews)

Tiuridah mengatakan partai kesulitan mencari figur untuk caleg juga kelihatan dari beberapa partai yang tidak maksimal memenuhi kuota pencalonan, sesuai jumlah kursi pada setiap dapil.
Karimun (Antaranews Kepri) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menilai kebanyakan partai politik kesulitan untuk mencari bakal calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019.

"Buktinya semua partai mendaftar pada hari-hari terakhir, ada yang hari Senin, dan ada yang sampai tengah malam jelang penutupan," kata Ketua Panwaslu Karimun Tiuridah Silitonga di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Tiuridah mengatakan partai kesulitan mencari figur untuk caleg juga kelihatan dari beberapa partai yang tidak maksimal memenuhi kuota pencalonan, sesuai jumlah kursi pada setiap dapil.

Dia mencatat ada empat partai politik yang tidak mendaftarkan bakal caleg sesuai kuota 30 kursi untuk empat daerah pemilihan.

Keempat partai politik tersebut antara lain Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang hanya 22 bacaleg meski mewakili semua dapil, kemudian Partai Persatuan Pembangunan yang hanya 25 bacaleg, minus dapil I untuk wilayah Kecamatan Moro dan Durai.

Kemudian, Partai Berkarya dan Partai Bulan Bintang (PBB) sama-sama mendaftarkan bacaleg sebanyak 24 orang.

Partai Berkarya memenuhi semua caleg namun untuk Dapil III wilayah Kecamatan Karimun dan Buru kekurangan kuota, sedangkan PBB untuk dapil 2 kosong.

Sedangkan Partai Garuda hanya mendaftarkan 5 bacaleg yang semuanya untuk dapil IV yang meliputi Kecamatan Meral, Meral Barat dan Tebing.

"Bahkan PKPI dan PSI sama sekali tidak mendaftarkan bacaleg-nya. Ini menunjukkan bahwa partai kesulitan mencari bakal caleg," kata dia.

Selama proses pendaftaran bakal caleg di KPU Karimun, Tiuridah melihat tidak ada pelanggaran meski ada beberapa berkas yang harus diperbaiki oleh partai politik, seperti legalisir yang menurut pengamatannya merupakan hasil pemindaian.

"Hanya itu saja. Untuk kuota keterwakilan perempuan, sudah terpenuhi, bahkan ada yang melebihi," kata dia.

Secara terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Iwan Kusuma Darmaja mengatakan partai politik kesulitan mencari bacaleg disebabkan kurangnya pembinaan terhadap bacaleg yang gagal pada Pemilu 2014.

"Tali silaturahmi yang terputus dengan bacaleg yang lama ikut berpengaruh. Kemudian, caleg petahana kurang proaktif mencari figur bacaleg yang baru," kata dia.

Namun demikian, kata Iwan, jumlah bacaleg yang didaftarkan Partai Demokrat ke KPU Karimun tetap maksimal, sesuai dengan kuota sebanyak 30 kursi.

"Kami tetap 30 orang, hal ini tercapai berkat kerja sama seluruh pengurus hingga tingkat kelurahan dan desa," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPC Perindo Karimun Andre Asmara mengatakan kesulitan dalam mencari caleg merupakan hal yang biasa dalam politik.

Andre juga mengatakan Partai Perindo tidak bisa asal pasang bacaleg demi memenuhi kuota 30 orang.

"Caleg yang kami daftarkan benar-benar berkualitas dan mewakili berbagai latar belakang," kata dia.

Berdasarkan informasi dihimpun, konflik masalah penentuan nomor urut juga menjadi salah satu faktor banyaknya caleg yang mengundurkan diri, termasuk juga pindah partai.

Penentuan nomor urut juga menjadi penyebab lambatnya partai politik menyerahkan berkas pencalonan ke KPU Karimun.

Beberapa caleg yang mundur dari partai tertentu juga banyak yang gagal maju menggunakan partai lain karena terbentur jadwal pendaftaran bakal caleg ke KPU. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE