BWS bangun jaringan irigasi wujudkan ketahanan pangan di Kepri

id BWS,balai wilayah sungai,irigasi,kepri,ketahanan pangan

BWS bangun jaringan irigasi wujudkan ketahanan pangan di Kepri

Pegawai BWS Sumatera IV melihat gambar pembangunan waduk Sei Gong, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. (Antaranews Kepri/Messa Haris)

Batam (Antaranews Kepri) - Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV membangun jaringan irigasi di Provinsi Kepulauan tepatnya di Kabupaten Bintan, Karimun dan Lingga guna mewujudkan ketahanan pangan di daerah tersebut.

Kepala BWS Sumatera IV, Ismail Widadi, di Batam, Kamis, mengatakan pembangunan irigasi di ketiga kabupaten tersebut sudah dilakukan sejak 2018 lalu. 

"Tahun ini pembangunannya kita lanjutkan dan kita harap nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat untuk lahan pertanian mereka," katanya.

Kata dia, meski Provinsi Kepri bukan daerah lumbung pangan, namun jaringan irigasi harus dibangun. 

Agar lanjutnya ketahanan pangan di Provinsi Kepri, ke depannya dapat lebih baik. Dengan begitu nantinya dapat menekan laju inflasi di Provinsi Kepri.

"Paling tidak dengan adanya jaringan irigasi, bisa mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Provinsi Kepri dan impor bahan pangan ke Kepri tidak terlalu banyak," ujarnya.

Pihaknya berharap setelah selesai dibangun pemerintah atau masyarakat dapat memanfaatkan jaringan irigasi dengan membuka lahan pertanian.

"Kita berharap nantinya para petaninya dapat difasilitasi oleh pemerintah setempat sehingga kebutuhan pangan internal Provinsi Kepri dapat diwujudkan," paparnya. 

Sebelumnya Ismail mengatakan tahun ini pihaknya mendapatkan alokasi anggaran Rp220 miliar. 

Dana tersebut dipergunakan untuk membangun beberapa Embung Kawal di pulau-pulau terluar Provinsi Kepri serta melanjutkan pembangunan jaringan irigasi.(Antara)

Baca juga: BWS bangun Embung Kawal di pulau terluar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE