Banyak Warga Kepri Belum Pahami Surat Suara

id Surat Suara

Ilustrasi: Surat suara Pemilihan Wali Kota Tanjungpinang tahun 2018. (Antaranews Kepri/Ogen) (Antaranews Kepri/Ogen/)

Batam (Antaranews Kepri) - Anggota DPR RI, Dwi Ria Latifa menyatakan masih banyak masyarakat belum memahami jenis-jenis surat suara yang akan digunakan di Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 17 April 2019 mendatang. 

Anggota Komisi II DPR RI, Dwi Ria Latifa, mengatakan, pihaknya sedang berkomunikasi dengan KPU untuk lebih intens melakukan sosialisasi surat suara.

"Saat saya turun ke daerah, masih banyak masyarakat yang belum mengerti mana surat suara untuk memilih Presiden, anggota DPR, DPD dan DPRD," kata Dwi  di Batam, Senin, (4/2).

Kata dia, saat ini pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan KPU di pusat dan daerah khusus di Provinsi Kepri agar lebih sering melakukan sosialisasi surat suara kepada masyarakat.

"Warga masyarakat yang di Lapas juga harus diberikan sosialisasi karena mereka minim informasi mengenai Pemilu," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan itu berencana akan turun ke Lapas Barelang untuk mensosialisasikan surat suara.

"Ini (sosialisasi) tugas dari KPU, namun berkaitan juga dengan tugas saya sebagai anggota Komisi II dan saya prihatin masih banyak masyarakat yang belum ngerti surat suara," paparnya.

Menurutnya KPU hanya memiliki waktu sekitar dua bulan lebih dan harua lebih ekstra turun ke masyarakat untuk mensosialisasikan penggunaan surat suara.

"Kemarin saya sudah pernah tanya kepada KPU Pusat, mereka mengaku kewalahan dan kita yaitu KPU, Bawaslu dan Komisi II harus bekerja keras untuk melakukan sosialisasi," ujarnya.

Perlu diketahui surat suara pada Pemilu 17 April 2019 ada lima pertama abu-abu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.

Kemudian biru untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi, kuning untuk anggota DPR RI, hijau untuk anggota DPRD Kota/Kabupaten dan merah untuk anggota DPD RI.
Pewarta :
Editor: Joko Sulistyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar