Warga masih bingung mencoblos lima surat suara

id Bingung nyoblos

Warga masih bingung mencoblos lima surat suara

Sejumlah warga mengamati paoan informasi contoh surat suara di TPS, Tanjungpinang, Kepri. (Ogen)

"Saya baru tau kalau ada lima surat suara, makanya perlu diteliti dulu biar tidak salah coblos,"
Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Sejumlah warga Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, mengaku masih bingung untuk mencoblos lima jenis surat suara terdiri dari DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI, serta Presidan dan Wakil Presiden pada Pemilu hari ini, Rabu (17/4)

Di beberapa TPS, sebelum masuk ke bilik surat suara, tampak masyarakat terlebih dahulu mengantri untuk mengamati contoh surat suara di papan informasi yang disediakan oleh Petugas Pemungutan Suara (PPS) setempat.

"Saya baru tau kalau ada lima surat suara, makanya perlu diteliti dulu biar tidak salah coblos," kata Ratna, warga Madong, Kecamatan Tanjungpinang Kota.

Warga lainnya, Ansyari pun demikian, ia mengaku sebelumnya tidak mendapat sebarang informasi, bahwa Pemilu tahun ini masyarakat diminta mencoblos sebanyak lima surat suara.

"Saya mengira hanya ada tiga surat suara, yakni pemilihan presiden, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota," imbuhnya.

Pemilih yang melihat papan informasi di TPS juga menyatakan banyak tidak mengenal calon legislatif terutama caleg DPR dan DPD RI yang tertera di surat suara.

"Tidak ada satupun caleg yang saya kenal untuk DPR dan DPD RI. Bagaimana mau nyoblos," ucap Hasan.

Pemilih turut mengkritisi gambar daftar caleg maupun Presiden serta Wakil Presiden yang ada di papan informasi itu ukurannya terlalu kecil sehingga menyulitkan warga yang ingin melihat pilihannya sebelum mencoblos.

"Seharusnya agak dibesarkan gambarnya. Saya sudah tua, mata sudah mulai kabur jadi tidak kelihatan calon-calonnya," kata Tipa, seorang warga lansia di Kampung Talok, Tanjungpinang.






 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE