Imigrasi buka layanan paspor simpatik antarpulau

id Imigrasi belakang padang

Imigrasi buka layanan paspor simpatik antarpulau

Petugas Imigrasi Belakang Padang foto bersama saat tiba di Pulau Terong. (ANTARA/Pradanna Putra Tampi)

Ia pun menyatakan layanan paspor simpatik antar pulau tersebut sangat diminati oleh masyarakat di Pulau Terong.
Batam (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belakang Padang membuka pelayanan pembuatan paspor simpatik antarpulau di wilayah setempat dalam rangka menyambut hari Dharma Karyadhika ke-74.

"Layanan paspor simpatik hari ini kita laksanakan di Pulau Terong dengan kuota jumlah pemohon sebanyak 23 orang," kata Kasi Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belakang Padang, Charaghita Probo Yuantoro di Batam, Sabtu.

Charaghita mengatakan Pulau Terong merupakan pulau terluar dan terpencil yang masuk wilayah administratif Kecamatan Belakang Padang Kota Batam, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Wilayah yang berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat pemerintahan Kecamatan Belakang Padang itu memiliki 944 kepala keluarga dari 3.097 jiwa.

Ia pun menyatakan layanan paspor simpatik antar pulau tersebut sangat diminati oleh masyarakat di Pulau Terong. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya jumlah masyarakat hinterland yang mengajukan pembuatan paspor.

Menurut dia, pelayanan yang sudah diterapkan Imigrasi pada Desember 2018 hingga kini itu sudah menerbitkan puluhan paspor dalam layanan tersebut.

"Untuk kuota yang disediakan saat pelayanan paspor simpatik antar pulau tahun ini masih sedikit. Mudah-mudahan tahun depan ada penambahan," ucapnya.

Meski begitu, dengan rutin diadakannya layanan paspor simpatik yang di Pulau Terong tersebut diyakini olehnya dapat mengoptimalkan pelayanan jemput bola kepada pemohon yang sedang sakit. 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE