KRI Bubara-868 perkuat pengamanan Selat Malaka dan ALKI II

id KRI Bubara-868

KRI Bubara-868 perkuat pengamanan Selat Malaka dan ALKI II

Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah menyambut kedatangan KRI Bubara-868, di Dermaga TNI Angkatan Laut Mentigi, Tanjung Uban, Bintan Utara Kepulauan Riau, Kamis (06/2). (ANTARA/HO-Dispen Lantamal IV)

Tanjungpinang (ANTARA) - KRI Bubara-868 resmi memperkuat Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal IV) Tanjungpinang, Kepri, kapal ini diprioritaskan untuk operasi pengamanan Selat Malaka dan ALKI (alur laut kepulauan Indonesia) II.

Kedatangan armada baru itu disambut oleh Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah di Dermaga TNI Angkatan Laut Mentigi, Tanjung Uban, Bintan Utara Kepulauan Riau, Kamis (6/2).

Menurut Arsyad, kapal perang jenis patroli cepat (PC) 40 meter itu memiliki panjang 45,50 meter, lebar 7,90 meter, bobot 220 ton, serta mampu melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot, dan kecepatan ekonomis 15 knot.

KRI canggih ini merupakan bagian dari program pembangunan kekuatan TNI AL 2015-2019. Realisasi yang menggunakan APBN TNI AL itu untuk menggantikan kapal-kapal yang berusia tua.

"Secara keseluruhan TNI AL membutuhkan cukup banyak kapal-kapal jenis serupa yang akan dioperasikan oleh Lantamal guna mendukung operasi patroli keamanan laut," tutur Arsyad.

Lebih lanjut, ia menyebut KRI Bubara-868 diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di Dermaga Marina Ancol Batavia Jakarta Utara, 18 Desember 2019.

KRI tersebut merupakan jenis kapal cepat, murni hasil karya anak bangsa yaitu dari perusahaan PT. Caputra Mitra Sejati (CMS), di mana pembuatan cara kontrak oleh Dinas Material Angkatan Laut, sejak tanggal 08 Juni 2018, dengan nomor kontrak KTR /79/02-40/VI/2018 tentang pembangunan dua unit kapal patroli cepat multiyear.

Baca juga: TNI AL tempatkan helikopter untuk pengamanan di Selat Malaka

Baca juga: TNI dorong pemanfaatan potensi maritim di Selat Malaka

Baca juga: Dirjen BC dan Kastam Malaysia bersinergi tekan penyelundupan Selat Malaka

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE