Bawaslu Lingga tangani 6 perkara selama Pilkada

id tangani 6 perkara selama Pilkada

Bawaslu Lingga tangani 6 perkara selama Pilkada

Komisioner Bawaslu Kabupaten Lingga. (HO / Nurjali)

Dabosingkep (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lingga menangani sedikitnya enam perkara selama pemilihan kepala daerah di Kabupaten Lingga, yang keseluruhannya berasal dari laporan masyarakat dan temuan Bawaslu di lapangan dan sudah diputuskan sebelum Pilkada berakhir.

"Total enam perkara tersebut, diantaranya dua sudah kita rekomendasikan secara administrasi dan empat perkara kita rekomendasi tentang netralitas ke KASN," ujar Komisioner Bawaslu Kabupaten Lingga, Ardi Aulia, kepada Antara.

Meski terdapat pelanggaran selama pelaksanaan Pilkada Kabupaten Lingga, namun pihaknya memberikan apresiasi kepada seluruh penyelenggara lainnya, mulai dari Panwaslu Kecamatan, Kelurahan dan Desa hingga TPS, Komisi Pemilihan Umum (KPU), PPK, PPS, KPPS serta PPDP, serta stakeholder lainnya yang terlibat dalam penyelenggaraan pilkada di Kabupaten Lingga.

Selain itu tidak kalah pentingnya juga peran sentral dari TNI-Polri yang bertugas mengamankan pelaksanaan pilkada hingga ke tingkat TPS, dan Gakkumdu dari Polri dan Kejaksaan yang memberikan kontribusi dalam pengawasan dan penanganan perkara selama pilkada berlangsung.

"Kemudian juga peran serta peserta pilkada, Paslon nomor urut 1,2 dan 3, dan seluruh relawan serta partai pengusung maupun pendukungnya, yang telah bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Lingga," ujarnya.

Menurutnya tanpa soliditas dari seluruh penyelenggara dan stakeholder yang ada serta dukungan dari masyarakat Kabupaten Lingga, maka pelaksanaan Pilkada Kabupaten Lingga tidak mungkin dapat berjalan baik dimulai dari tahapan pendaftaran, kampanye hingga tahapan pemilihan.

"Apalagi pelaksanaan pilkada tahun ini sangat berbeda jauh dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena kita laksanakan di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang membuat beberapa aktifitas sangat terbatas dan dibatasi," ujarnya.

Sebagai penutup Ardi Aulia mengajak seluruh masyarakat, serta para pendukung untuk kembali berangkulan bersama-sama menjaga kondusif sampai pada tahapan pelantikan kepala daerah nantinya. 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE