Batam (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP2) Kota Batam, Kepulauan Riau, mengendalikan inflasi harga cabai dan sayuran dengan terus menjalankan program Kios Mobile, yakni mobil berjalan yang menjual komoditas pangan strategis.

Kepala Dinas KP2 Mardanis menyebut bahwa inisiatif ini bertujuan mempermudah akses masyarakat terhadap produk pangan dengan harga terjangkau serta memutus rantai distribusi tengkulak yang cenderung memonopoli harga.

“Untuk mengendalikan inflasi, kami bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan operasi pasar murah melalui Kios Mobile. Produk-produk ini langsung dari petani kita, dengan tujuan memutus rantai distribusi tengkulak agar harga yang diterima masyarakat lebih terjangkau,” katanya saat dihubungi di Batam, Selasa.

Baca juga: DP3AP2KB gelar pelayanan KB gratis di 12 kecamatan Kota Batam

Mardanis mengatakan bahwa program ini sudah berlangsung, namun belum optimal, maka masih banyak PR yang harus ditangani oleh Dinas KP2 untuk meningkatkan potensi Kios Mobile.

“Kami ingin melakukan operasi pasar murah dengan Kios Mobile secara lebih rutin dan dengan jangkauan yang lebih besar, maka kami tengah dalam pengajuan penambahan sarana agar memiliki armada yang lebih besar,” katanya.

Melalui penambahan mobil operasional, Dinas KP2 berharap dapat lebih sering menggelar operasi pasar di berbagai wilayah Batam dengan menjual produk-produk hasil dari petani lokal.

Baca juga: Dishub Batam bangun jembatan penyeberangan perhatikan pejalan kaki

“Ini sesuai tujuan dinas untuk membantu petani lokal, termasuk wanita tani, untuk dapat memasarkan produk komoditas secara langsung kepada masyarakat,” tambahnya.

Jika pengadaan mobil berhasil, Dinas KP2 akan dapat menjalankan operasi pasar secara lebih efektif dan rutin, membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan dengan harga stabil dan sekaligus mendukung kesejahteraan petani lokal.

Selain itu, upaya ini akan selaras dengan program ekonomi lainnya yang juga mengadakan pasar murah dan operasi pasar di berbagai wilayah Batam untuk menjaga stabilitas harga pangan.

Baca juga:
Kemenkumham Kepri tingkatkan layanan bantuan hukum warga yang kurang mampu

Bulog Tanjungpinang jual sembako murah di dua lokasi


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024