Filipina sebut 220 kapal militer China terlihat di perairan sengketa

id Filipina,China,Laut China Selatan

Filipina sebut 220 kapal militer China terlihat di perairan sengketa

Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr (kanan) . dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kiri) saat bertemu di Manila, Filipina, Sabtu (16/1/2021). Pool via REUTERS/Francis Malasig/HP/sa. (REUTERS/POOL)

Manila (ANTARA) - Filipina menyatakan keprihatinan atas ratusan kapal militer China yang disebutnya terlihat bulan ini di perairan sengketa, Laut China Selatan, sebuah contoh terbaru dari ketegangan di jalur air penting itu.

Patroli Pantai Filipina melaporkan bahwa sekitar 220 kapal, yang diyakini diawaki oleh personel milisi maritim China, terlihat tertambat dalam formasi barisan di terumbu karang tersebut pada 7 Maret, kata satuan tugas lintas pemerintah pada Sabtu (20/3) malam.

Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin, saat ditanya apakah dia akan mengajukan protes diplomatik atas kehadiran kapal-kapal tersebut, mengatakan kepada seorang wartawan di Twitter: "Hanya jika para jenderal memberi tahu saya. Dalam pengawasan saya, kebijakan luar negeri adalah kepalan tangan di sarung tangan besi angkatan bersenjata."



Satuan Tugas Nasional untuk Laut Filipina Barat menyatakan keprihatinannya tentang penangkapan ikan yang berlebihan dan kerusakan lingkungan laut, serta risiko keselamatan navigasi.

Kementerian luar negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar pada  Minggu, dan telepon ke Kedutaan Besar China di Manila untuk meminta komentar tidak dijawab.

Pengadilan internasional pada  2016 membatalkan klaim China atas 90% Laut China Selatan, tetapi Beijing tidak mengakui keputusan tersebut. China dalam beberapa tahun terakhir telah membangun pulau-pulau di perairan yang disengketakan serta memasang jalur udara di beberapa pulau.

Taiwan, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Brunei semuanya mengklaim sebagian kawasan laut itu.

Pada  Januari, Filipina memprotes undang-undang baru China yang mengizinkan patroli pantainya menembaki kapal asing, yang menggambarkannya sebagai "ancaman perang".

Amerika Serikat telah berulang kali mengecam apa yang disebutnya upaya China untuk menindas tetangga yang memiliki kepentingan yang bersaing, sementara Beijing telah mengkritik Washington atas apa yang disebutnya campur tangan dalam urusan internalnya.

Kapal China berada di Julian Felipe Reef, yang juga disebut Whitsun Reef, di zona ekonomi eksklusif Manila, kata gugus tugas itu, menggambarkan situs itu sebagai "terumbu karang dangkal berbentuk bumerang di timur laut Gugusan dan Terumbu Karang Pagkakaisa."

"Meskipun cuaca cerah pada saat itu, kapal-kapal China yang berkumpul di terumbu karang tidak menunjukkan aktivitas penangkapan ikan yang sebenarnya dan menyalakan lampu putih mereka pada malam hari," katanya dalam sebuah pernyataan.

Filipina berjanji untuk memantau situasi dan "untuk secara damai dan proaktif menjalankan inisiatifnya pada perlindungan lingkungan, keamanan pangan dan kebebasan navigasi" di Laut Cina Selatan.

Sumber: Reuters

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE