Cerita Alfred Hartoyo, perwira keturunan Tionghoa yang pilih mengabdikan diri jadi dokter militer

id Perwira Pertama, tni ad, etnis tionghoa,Etnis tionghoa jadi tentara

Cerita Alfred Hartoyo, perwira keturunan Tionghoa yang pilih mengabdikan diri jadi dokter militer

Tangkapan layar Letnan Dua (Letda) Ckm dr Alfred Hartoyo Alphanto. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Jakarta (ANTARA) - Letnan Dua (Letda) Ckm dr Alfred Hartoyo Alphanto adalah perwira pertama keturunan etnis Tionghoa yang memilih mengabdikan diri kepada bangsa dan negara dengan menjadi dokter militer di satuan TNI.

"Saya ingin memberikan sesuatu untuk negara, salah satunya dengan cara mengabdi sebagai tentara," kata Letda Ckm dr Alfred Hartoyo Alphanto dipantau dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa di Jakarta, Ahad.

Menurut dia, di Indonesia, terutama di instansi TNI tidak ada pembedaan, semua diperlakukan dan diberikan kesempatan yang sama.

Sebagai seorang dokter militer ia mengikuti perintah dan siap ditempatkan di mana saja, termasuk memberikan yang terbaik bagi bangsa.

Dan sebagai seorang abdi negara, ia bertekad akan memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat.

"Kalau orang tersenyum saya juga ikut senang," kata dia.

Ia bercerita, pada awal kakeknya merantau dari Tiongkok ke Indonesia dan diterima menjadi WNI. Sejak saat itu, Pemerintah Indonesia memberikan kesempatan yang sama kepada siapa saja, termasuk bagi anak-anak keturunan China.

Pada awal kedatangan ke Indonesia, kakeknya adalah seorang petani. Namun dari perjalanan waktu anak-anak keturunan Tionghoa bisa mengenyam pendidikan hingga menjadi seorang sarjana.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perwira keturunan Tionghoa pilih abdikan diri jadi dokter militer

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE