Menjajal bZ4X, SUV pintar Toyota yang harganya lebih dari Rp1 miliar

id toyota bz4x,toyota,mobil listrik,mobil baru 2022

Menjajal bZ4X, SUV pintar Toyota yang harganya lebih dari Rp1 miliar

Toyota bZ4X yang baru saja meluncur di pasar otomotif Indonesia. (ANTARA/Chairul Rohman)

Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru merilis Toyota bZ4X untuk pasar Indonesia, dengan memasang banderol untuk SUV ini dengan harga lebih dari Rp1 miliar. Mestinya, harga tersebut sebanding dengan apa yang ada di dalam kendaraan termasuk dengan hadirnya fitur berlimpah.

Pada uji coba yang dilakukan di sekitaran BSD City, Tangerang Selatan, pada Selasa, ANTARA diberikan kesempatan untuk merasakan langsung kehebatan dan juga kenyamanan dari Toyota bZ4X selama kurang lebih 1 jam.

Dalam kesempatan ini, terdapat salah satu fitur yang menarik perhatian yaitu Advance Park yang dioperasikan via tombol bersimbul "P" yang berada di bawah head unit. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memercayakan bZ4X secara otomatis mencari dan memarkir sendiri.

ANTARA pun kemudian mencoba fitur cerdas yang belum banyak tersedia di mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia dan bahkan hanya ada di Toyota bZ4X yang harga off the road-nya di Jakarta Rp1,190 miliar.

Dengan hanya satu sentuhan saja, mobil ini akan memarkir sendiri sesuai dengan lokasi yang kita minati dengan sangat presisi.

"Kita hanya tinggal pilih saja mau parkir yang di mana, ini kan ada dua slot parkir yang kosong. Nanti dia akan sendirinya parkir," kata staf yang mendampingi ANTARA dalam mencoba bZ4X.
 
Toyota bZ4X yang baru saja meluncur di pasar otomotif Indonesia. (ANTARA/Chairul Rohman)

Cara kerja fitur ini juga sangat mudah, pertama-tama pengendara kendaraan bZ4X terlebih dahulu memastikan lokasi parkir yang diinginkan. Setelah mendapat parkir yang diinginkan, pemilik hanya tinggal memencet tombol yang berada di bawah layar head unit atau berada di sebelah kiri dari roda kemudi.

Misal ada dua pilihan slot parkir yang kosong, maka akan muncul dua pilihan yang bisa dipilih oleh pengendara untuk memarkirkan kendaraan mereka. Meski begitu, pengawasan dari pengendara juga masih harus dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selama uji coba, parkir otomatis itu berjalan dengan sempurna.

Meski begitu, terdapat beberapa hal yang harus diwaspadai oleh pengguna nantinya. Jika hendak menggunakan fitur ini, disarankan kecepatan berada di bawah 10km/jam agar lebih aman.

Pengguna juga disarankan untuk tidak menginjak pedal gas dan juga pedal rem untuk bisa menggunakan fitur cerdas di mobil listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama dari Toyota untuk pasar Indonesia ini.

Selain fitur cerdas parkir otomatis, mobil ini juga didesain dengan nuansa kabin yang nyaman dan membuat pengendara betah untuk berlama berada di dalam kendaraan.

Penunjang kenyaman lainnya antara lain perangkat hiburan layar sentuh berukuran 12,3 inch dan menjadikannya yang terbesar di mobil Toyota, dengan dilengkapi menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke telepon cerdas

Selain itu, fitur keselamatan aktif juga sudah tersemat pada mobil ini guna memberikan perlindungan cerdas kepada para penggunanya saat mengendarai kendaraan ini dan juga pengguna jalan di sekitar.

Hal itu tersemat dalam paket Toyota Safety Sense 3.0. Disematkan pula fitur telematika canggih T Intouch yaitu teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA.

Untuk lebih memberikan kenyamanan dan juga rasa aman selama berkendara, Toyota menggunakan Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture.
 
Kelebihan menggunakan platform ini, bZ4X memiliki unit baterai yang ramping dan terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga dapat membantu untuk mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Coba bZ4X, SUV pintar Toyota yang berharga lebih Rp1 miliar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE