Verifikasi persyaratan bakal calon DPRD Batam capai 99 persen

id Verifikasi bacaleg,KPU Batam,Batam,Kepri,kepulauan riau, pemilu, pemilu 2024

Verifikasi persyaratan bakal calon DPRD Batam capai 99 persen

Ketua KPU Kota Batam Martius. ANTARA/Yude

Batam (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam Martius menyebutkan verifikasi dokumen persyaratan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam pada Pemilu 2024 sudah mencapai 99 persen.

"Sampai saat ini, pada waktu yang tinggal beberapa hari lagi, verifikasi dari 850 bakal caleg (bacaleg) sudah berjalan 99 persen," ujar dia saat dihubungi di Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

Untuk hasil verifikasi sementara, kata dia, masih ada bacaleg dari masing-masing partai politik yang belum lengkap persyaratannya. Persyaratan tersebut diunggah di aplikasi Sistem Pencalonan (Silon) saat tahapan pendaftaran bacaleg.

Baca juga: KPU DKI tunggu perbaikan berkas bakal caleg ganda Aldi Taher

"Hasilnya itu hanya bacaleg yang bisa melihat di Silon, kami belum tahu berapa jumlah yang persyaratannya belum lengkap, nanti mereka yang akan memperbaiki sendiri apa saja kekurangannya," kata dia.

Setelah verifikasi administrasi, pihaknya akan menyampaikan kepada partai politik siapa saja bacaleg yang sudah lengkap persyaratannya maupun yang belum lengkap. Mereka yang belum lengkap, segera melengkapinya.

Ia optimistis bisa menyelesaikan verifikasi dokumen persyaratan bacaleg tersebut tuntas hingga 23 Juni 2023.

Baca juga: MK putuskan sistem pemilu tetap terbuka

"Jika persyaratan bacaleg yang belum lengkap tidak juga dipenuhi pada masa perbaikan pada tanggal 26 Juni hingga 9 Juli, bacaleg tersebut tidak bisa ditetapkan sebagai calon," kata dia.

Untuk itu, dia mengimbau seluruh peserta bacaleg yang mendaftar agar terus memantau aplikasi Silon untuk mengetahui hasil verifikasi.

"Setiap bacaleg agar selalu memantau aplikasi Silon untuk mengetahui hasil verifikasi. Bisa saja ada kekurangan di dokumen administrasi sehingga perlu dilakukan perbaikan," ujar Martius.

Baca juga:
Jokowi panggil Ganjar Pranowo ke Istana

Waduh, dua WNA diduga masuk daftar pemilih Pemilu

PDIP nilai Demokrat beri respons positif setelah AHY masuk radar cawapres Ganjar Pranowo

Diskominfo Kepri ingatkan humas harus bisa memverifikasi berita bohong

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE