KPU Batam verifikasi faktual terhadap persyaratan administrasi bapaslon Pilkada

id kepri,batam ,pilkada ,Kpu ,paslon,pilkada 2024, pilkada kepri,kpu batam

KPU Batam verifikasi faktual terhadap persyaratan administrasi bapaslon Pilkada

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Batam Adri Wislawawan (ANTARA/HO-KPU Batam)

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau melakukan verifikasi faktual terhadap dokumen persyaratan administrasi bakal pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada Batam 2024.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Batam Adri Wislawawan di Batam, Senin mengatakan adapun hal yang dilakukan verifikasi faktual, salah satunya dokumen pendidikan dari masing-masing bakal pasangan calon.

Ia menambahkan dokumen persyaratan administrasi kedua bakal pasangan calon dalam Pilkada Batam 2024, yaitu Amsakar Achmad-Li Caludia Chandra dan Nuryanto-Hadi Selamat Hood dinyatakan sudah lengkap.

"Saat ini sedang berjalan verifikasi dan akan kami umumkan 13-14 September 2024 sesuai PKPU 8 2024 jo. PKPU 10 2024. Dokumen persyaratan administrasi calon yang KPU Batam perlukan untuk verifikasi faktual lebih lanjut, misalnya dokumen pendidikan dan lainnya," ujar Adri.

Ia menambahkan sebelumnya hasil pemeriksaan kesehatan dua bakal pasangan calon (bapaslon) dalam Pilkada 2024 yang dinyatakan sehat.

"Ya, hasilnya dinyatakan mampu dan sehat oleh tim dokter pemeriksa RSBP Batam," ujar Adri.

Diketahui bakal pasangan calon Pilkada Batam 2024, Amsakar Achmad-Li Claudia Chandra melakukan pendaftaran ke KPU pada (27/8).

Sementara untuk bakal pasangan calon Nuryanto-Hadi Selamat Hood mendaftarkan di ke KPU Batam pada (29/8) lalu.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau menyampaikan dua bakal pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada Batam 2024 mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pengusahaan (RSBP) Batam.

Komisioner KPU Kota Batam Bosar Hasibuan di Batam, Minggu mengatakan Nuryanto dan Hardi Selamat Hood mulai menjalani pemeriksaan kesehatan di hari Sabtu (31/8) dan dilanjutkan hari ini.

Sedangkan Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra (ASLI) mulai menjalani pemeriksaan kesehatan pada , Minggu(1/9).

"Hari Minggu itu adalah hari pertama pemeriksaan bagi pasangan ASLI, sesuai dengan surat pemberitahuan kita kepada RSBP Batam dan besok dilanjutkan hari kedua," kata Bosar.

Ia menjelaskan tahapan pemeriksaan di mulai pada tanggal 31 Agustus hingga 2 September 2024.

Baca juga:
Samsat Natuna sosialisasi pajak kendaraan bermotor ke warga

KPU Lingga-Kepri: Dua bapaslon telah perbaiki berkas

Pertamina pastikan pengisian BBM pertalite di Tanjungpinang sudah normal

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE