Zamel drop ditarik, BPOM: tidak terkait EG/DEG

id BPOM RI, suplemen makanan, Zamel Drop,obat,bpom

Zamel drop ditarik, BPOM: tidak terkait EG/DEG

Ilustrasi - Suplemen makanan. (ANTARA/HO-Sutterstock)

Jakarta (ANTARA) - BPOM RI memastikan penarikan produk suplemen makanan Zamel Drop & Syrup dan Ferro-K Drop & Suspensi tidak berkaitan dengan cemaran etilen glikol/dietilen glikol (EG/DEG) yang melampaui batas aman.

"Saya sampaikan bahwa penarikan produk tidak berkaitan dengan cemaran EG/DEG," kata Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM RI Reri Indriani di Jakarta, Rabu.

EG/DEG adalah senyawa kimia yang sedikit kental dengan bau dan rasa manis yang bertindak sebagai pelarut dan merupakan cairan tidak berwarna.

Sesuai Farmakope dan standar baku nasional yang diakui, ambang batas aman atau Tolerable Daily Intake (TDI) untuk cemaran EG dan DEG adalah sebesar 0,5 mg/kg berat badan per hari.

Baca juga:
BPOM Batam ajak pelaku usaha mendaftarkan produk dagang

Polda Kepri dan BPOM Batam gerebek gudang kosmetik ilegal


Ia mengatakan penarikan suplemen kesehatan tersebut juga tidak didasari adanya pengaduan atau keluhan konsumen maupun masyarakat. Namun berdasarkan hasil pengawasan post-market, kata Reri, BPOM menemukan adanya perbedaan komposisi produk dengan data registrasi yang disetujui.

Atas dasar itu, kata Reri, BPOM memerintahkan agar seluruh produk tersebut ditarik dari pasaran sebagai salah satu prosedur tetap yang lazim dilakukan oleh Food Drug Authority (FDA) atau badan otoritas pengawas obat dan makanan di berbagai negara termasuk BPOM untuk antisipasi dampak negatif bagi kesehatan konsumen.

"Kebijakan ini sebagai salah satu tindak lanjut hasil pengawasan post market," ujarnya.

Untuk dapat mengedarkan kembali produk itu di pasaran, kata Reri, maka pelaku usaha harus segera melakukan penyesuaian dengan formula baru dan disetujui BPOM.


Baca juga:
Kepri perkuat digitalisasi tingkatkan layanan satu atap

Polres Bintan bongkar kasus prostitusi online, amankan dua wanita

MenPANRB dorong seluruh kabupaten/kota miliki MPP pada 2024

Kementerian PANRB canangkan zona integritas di tiga provinsi



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPOM: Penarikan suplemen makanan Zamel Drop tidak terkait EG/DEG

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE