Pemprov Kepri antisipasi lonjakan penumpang jelang Natal dan Tahun Baru

id Natal dan tahun baru,kepri,roro,nataru,pemprov kepri,roro dln nusantara,jakarta-batam-medan

Pemprov Kepri antisipasi lonjakan penumpang jelang Natal dan Tahun Baru

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Junaidi. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - ADV-Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) telah melakukan sejumlah langkah antisipasi terhadap adanya potensi lonjakan penumpang jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kalau di Kepri, mungkin tidak seramai saat Idul Fitri. Tapi tetap perlu diantisipasi, karena momen Natal dan Tahun Baru juga ditopang dengan libur anak sekolah," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Junaidi di Tanjungpinang, Kamis.

Junaidi menuturkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan terkait persiapan menyambut momen Natal dan Tahun Baru, seperti PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), menyangkut kesiapan armada transportasi laut antarprovinsi.

Ia menyampaikan berdasarkan informasi dari PT ASDP Telaga Punggur, Batam, bahwa penerapan sistem antrean kendaraan daring bagi penumpang kapal roro antarprovinsi kembali diterapkan saat mudik Natal dan Tahun Baru.

"Sistemnya sama dengan yang diterapkan pada mudik Idul Fitri 2023, dan itu terbukti sangat efektif dalam mencegah penumpukan kendaraan di pelabuhan ASDP," ujar Junaidi.

Melalui sistem tersebut, kata dia, warga yang akan berangkat mudik Natal dan Tahun Baru, bisa mendaftarkan diri maupun kendaraannya terlebih dahulu melalui sistem daring. Pendaftaran baru akan dibuka ASDP Batam pada 1 Desember 2023.

Dengan adanya kebijakan itu, maka diharapkan tak ada penumpukan antrean di pelabuhan ASDP, di mana penumpang atau kendaraan yang akan diberangkatkan sudah sesuai dengan kapasitas kapal dan jadwal yang telah ditetapkan.

Di samping itu, lanjut Junaidi, harga tiket yang dipesan secara daring lebih jelas dan transparan.

"Sistem antrean online sudah dievaluasi saat lebaran Idul Fitri kemarin. Hasilnya cukup efektif dan didukung penuh masyarakat pengguna transportasi kapal roro," kata Junaidi.

Sementara terkait kesiapan armada kapal lintas provinsi dalam menyambut mudik Natal dan Tahun Baru. Junaidi memastikan armada yang ada saat ini, sudah cukup untuk mengangkut para penumpang. Kepri baru saja kedatangan kapal roro DLN Nusantara yang melayari rute Jakarta-Batam-Medan.

"Keberadaan DLN Nusantara ikut mendukung dua kapal KM Kelud yang dimiliki PT Pelni untuk melayani arus mudik Natal dan Tahun Baru," ujar Junaidi.

Ia menambahkan, Dishub Kepri bersama semua pemangku kepentingan terkait telah menjadwalkan rapat persiapan menyambut Natal dan Tahun Baru di Kota Batam.

Secara nasional, diprediksi terjadi lonjakan penumpang saat Natal dan Tahun Baru, yaitu mencapai 107 juta orang atau meningkat enam persen dibanding tahun lalu.

Baca juga:
Hasan: Pasar murah berhasil tekan inflasi di Tanjungpinang
Pemprov pastikan kebutuhan pangan Kepri jelang Natal cukup
BP Batam harap KEK BAT dapat jadi bengkel pesawat terbesar di Indonesia

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE