Kemenhub: Bandara Abdulrachman Saleh sementara ditutup akibat erupsi Semeru

id BANDARA ABDULRACHMAN SALEH, KEMENHUB, GUNUNG SEMERU, DITJEN PERHUBUNGAN UDARA,erupsi semeru,Kemenhub

Kemenhub: Bandara Abdulrachman Saleh sementara ditutup akibat erupsi Semeru

Suasana Bandara Abdulrachman Saleh di Kabupaten Malang, Jawa Timur. ANTARA/HO-Ditjen Perhubungan Udara

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan operasional Bandara Abdulrachman Saleh di Kabupaten Malang, Jawa Timur, ditutup sementara sebagai dampak abu vulkanik Gunung Semeru yang terdeteksi berdasarkan hasil pengamatan lapangan.

Pengamatan tersebut berupa paper test yang dilakukan pada Jumat, pukul 08.00-08.20 WIB.

Penghentian sementara bandara ini diumumkan melalui Notice to Airmen (Notam) dengan Nomor C0079/24 NOTAMC C0063/24 mulai pukul 10.00 WIB.

"Kami harus melakukan pemberhentian karena alasan keselamatan penerbangan. Sebaran abu vulkanik dapat membahayakan dan menghentikan kerja mesin pesawat terbang," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Kristi mengatakan melalui Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya, Ditjen Perhubungan Udara akan terus memantau dan mengatasi perkembangan situasi tersebut berupa pengamatan lapangan yang dilakukan dengan interval 30 menit sampai 1 jam sekali pada beberapa titik di sekitar bandara.

Ia pun menghimbau maskapai penerbangan untuk memberikan kompensasi kepada penumpang yang telah membeli tiket, termasuk opsi full refund, reschedule, maupun re-route ke bandara terdekat jika tempat duduk masih tersedia. Hal itu diharapkan dapat membantu penumpang yang terkena dampak penutupan bandara.

Baca juga:
Kepri tawarkan investasi di forum regional Outlook S Rajaratnam

Target retribusi sampah Kota Tanjungpinang 2023 hanya tercapai 38 persen

Destinasi wisata ekstrem jadi potensi baru pikat wisman ke Batam


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bandara Abdulrachman Saleh ditutup sementara akibat erupsi Semeru

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE