Populix: Gen Z harapkan pemimpin netral dan milenial cenderung pragmatis

id Pemilu 2024,Gen Z,Milenial,Populix,Pemimpin netral,pemimpin pro rakyat,milenial pemilu,pemilih pemula

Populix: Gen Z harapkan pemimpin netral dan milenial cenderung pragmatis

Hasil survei Populix menyebutkan ada tiga persona pemilih Gen Z dan Milenial pada Pemilu 2024. (ANTARA/HO-Populix)

Jakarta (ANTARA) -
Populix, sebuah lembaga riset dan penyedia data meluncurkan studi bertema "Ekspektasi Pemilih Muda pada Pemilihan Presiden 2024" yang kemudian menyimpulkan bahwa Generasi Z (Gen Z) mengharapkan pemimpin netral, sedangkan milenial cenderung pragmatis pada Pemilu 2024.
 
"Kami menemukan, meski sama-sama muda, kedua generasi ini punya banyak perbedaan. Generasi Z, sebagai pemilih pertama, membawa harapan tinggi terhadap pemimpin yang netral dan pro-rakyat. Sementara milenial lebih pragmatis, mereka menilai pemimpin berdasarkan kemampuan ekonomi dan jaminan kesejahteraan," kata Head of Social Research Populix Vivi Zabkie di Jakarta, Rabu.
 
Berdasarkan data rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) 2024, pemilih dari Generasi Z (17-30 tahun) dan Milenial (31-40 tahun) mendominasi pada Pemilu 2024 dengan persentase 56,45 persen dari total pemilih pada Pemilu 2024.
 
Sebagai pemegang suara terbesar, lanjutnya, pendapat Gen Z dan milenial sangat berpengaruh dalam Pemilu 2024 dan meski memiliki pandangan yang berbeda, keduanya mengharapkan pemimpin dengan integritas, visi yang jelas, dan memiliki kemampuan memecahkan masalah.
 
 
"Dominasi pemilih muda tersebut akan mengubah perspektif masyarakat terhadap harapan dan ekspektasi kepada calon pemimpin Indonesia selama lima tahun ke depan. Untuk mempelajari lebih lanjut harapan dan prioritas pemilih muda pada Pilpres 2024, Populix meluncurkan studi ini," ujar Vivi.
 
Studi tersebut mempelajari lebih dalam tentang perspektif pemilih muda, khususnya terkait isu-isu sosial dan lingkungan, reformasi pendidikan, penciptaan lapangan kerja, dan pembangunan berkelanjutan.
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gen Z harapkan pemimpin pro-rakyat & milenial pragmatis di Pemilu 2024

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE