Empat orang meninggal per hari akibat kecelakaan di Sumut

id polda sumut, kecelakaan lalu lintas, operasi keselamatan, medan, empat orang tewas,sumut, hukum

Empat orang meninggal per hari akibat kecelakaan di Sumut

Kepala Polda Sumatera Utara Irjen Polisi Agung Setya Imam Effendi memberikan helm kepada masyarakat di Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/3/2024). (ANTARA/ M. Sahbainy Nasution)

Medan (ANTARA) - Kapolda Sumatera Utara Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi mengatakan sedikitnya empat orang meninggal dunia setiap hari di wilayah provinsi setempat akibat kecelakaan lalu lintas.

"Kita melihat data kecelakaan dengan korban meninggal dunia empat orang per hari. Ini merupakan angka yang sangat tinggi," ujar Agung usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2024 di Medan, Rabu.

Kapolda melanjutkan, akibat dari kecelakaan lalu lintas itu, ada korban yang menjadi disabilitas (cacat permanen) maupun mengalami gangguan kesehatan lainnya.

Baca juga: Warga Desa Meat kenalkan budaya Batak kepada penonton F1 Powerboat

Agung menyebut kasus kecelakaan lalu lintas banyak terjadi pada pengendara sepeda motor yang biasanya titik rawan kecelakaan di kawasan persimpangan, jalan raya atau banyak persimpangan sehingga muncul tiba-tiba yang tidak bisa dikendalikan.

"Angka kecelakaan banyak terjadi antara motor dengan motor atau mobil dengan motor. Untuk itu, kami mengimbau kepada pengendara, khusus sepeda motor, agar tertib berkendara sampai tujuan dengan selamat," kata Agung.

Berdasarkan data 2023, kasus kecelakaan yang terjadi di wilayah hukum Polda Sumut tercatat sebanyak 6.739, atau naik sekitar 4,2 persen dibanding 2022.

Ia menyampaikan, Polda Sumut telah melakukan sebanyak 209.770 penindakan selama tahun 2023, terdiri atas 50.427 penindakan tilang dan 159.343 penindakan dengan memberikan teguran.

Baca juga:
Polda Kepri tindak 415 pelanggaran lalu lintas di Operasi Seligi

Bulog Batam tambah pasokan beras 2.000 ton 

Baznas Kepri libatkan 100 pelaku UMKM dalam bazar Kemilau Kampoeng Ramadhan

Polres Bintan tegur ratusan pengendara

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE