Kapasitas KM Kelud dan Dorolonda akan ditambah pada masa Lebaran

id pelni medan ,lebaran 2024,km kelud,km dorolonda,pelabuhan belawan

Kapasitas KM Kelud dan Dorolonda akan ditambah pada masa Lebaran

Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana. ANTARA/Michael Siahaan

Medan (ANTARA) - PT Pelni Cabang Medan, Sumatera Utara memastikan penambahan kapasitas maksimal KM Kelud dan KM Dorolonda pada masa Lebaran 2024 sesuai dengan dispensasi dari Kementerian Perhubungan.

"Kementerian Perhubungan sudah memberikan dispensasi untuk itu," kata Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana, di Medan, Rabu.

Dengan demikian, Biwa melanjutkan, kapasitas terbanyak KM Kelud yang pada masa normal 2.607 penumpang bertambah menjadi 3.741 penumpang.

Sedangkan untuk KM Dorolonda, jumlah penumpang maksimalnya menjadi 3.141 orang dari 2.155 orang pada masa reguler.

Adapun Pelni menetapkan masa angkutan Lebaran 2024 pada 26 Maret sampai dengan 26 April atau H-15 hingga H+15 Idul Fitri 1445 H.

Meski penumpang semakin banyak, Biwa memastikan PT Pelni tetap mengedepankan keselamatan dan keamanan penumpang.

Dia menegaskan semua kapal PT Pelni sudah lulus uji petik oleh Kementerian Perhubungan yang menyatakan kapal-kapal itu laik laut.

Uji petik di antaranya melingkupi pemeriksaan kelengkapan dokumen, kualifikasi awak kapal, keselamatan kapal, pencegahan pencemaran serta manajemen keselamatan dan keamanan kapal.

Biwa menjabarkan, pada masa angkutan Lebaran 2024, ada penambahan frekuensi berlayar (call) kapal dari Pelabuhan Belawan.

Pada masa mudik atau H-15Lebaran 2024, ada lima "call" kapal dari Pelabuhan Belawan yakni empat "call" KM Kelud dan satu KM Dorolonda, dari sebelumnya hanya dua "call" per dua pekan.

Adapun KM Dorolonda ditugaskan untuk membantu operasional KM Kelud yang merupakan kapal reguler dari Belawan.

Penambahan jadwal pelayaran dari Pelabuhan Belawan itu ditujukan ke Batam pulang-pergi (PP). Sisanya adalah tujuan normal yakni Belawan-Tanjung Balai Karimun-Batam-Jakarta.

Kemudian, pada H+15 Lebaran 2024, juga ada lima "call" kapal dari Pelabuhan Belawan yang seluruhnya dilayani KM Kelud.

"Sebanyak 80 persen penumpang dari Pelabuhan Belawan bertujuan ke Batam," kata Biwa lagi.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pelni Medan pastikan penambahan kapasitas Kelud-Dorolonda masa Lebaran

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE