Hasbi Hasan bantah pernyataan dirinya terima uang Rp3 miliar dan tas mewah

id Hasbi Hasan,Dadan Tri Yudianto,Suap di MA,kasus suap,kpk,korupsi

Hasbi Hasan bantah pernyataan dirinya terima uang Rp3 miliar dan tas mewah

Sekretaris nonaktif Mahkamah Agung RI Hasbi Hasan (kiri) berjalan ke luar ruang sidang usai membacakan nota pembelaan atau pleidoi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (ANTARA/Fath Putra Mulya)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris nonaktif Mahkamah Agung (MA) RI Hasbi Hasan membantah menerima uang Rp3 miliar dan tas mewah dari mantan Komisaris PT Wika Beton Dadan Tri Yudianto dalam perkara dugaan suap pengurusan perkara di MA.

“Saya tidak pernah menerima sama sekali uang tunai sebesar Rp3 miliar tersebut dari saudara Dadan Tri Yudianto,” kata Hasbi Hasan saat membacakan nota pembelaan atau pleidoi pribadinya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis.

Menurut Hasbi, dakwaan dan tuntutan jaksa yang menyebut dirinya telah menerima uang tersebut pada 29 Maret 2022 di Kantor MA merupakan tuduhan yang keji tanpa didasari alat bukti maupun barang bukti yang sah.

Dia mengaku tidak pernah bertemu dengan Dadan pada tanggal dan lokasi dimaksud. “Dari mana saudara JPU (jaksa penuntut umum) berkeyakinan saya benar-benar telah menerima uang tunai sebesar Rp3 miliar tersebut di kantor saya?” katanya.

Ia mengeklaim uang haram yang diterima oleh Dadan dari debitur Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana Heryanto Tanaka, sang penyuap yang ketika itu berperkara di MA, tidak mengalir sepeserpun kepada dirinya.

Menurut dia, keterangan tersebut sesuai dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saksi bernama Bagus Dwi Cahya. Namun, tutur Hasbi, saksi tersebut tidak pernah dihadirkan oleh JPU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Dalam BAP saksi Bagus Dwi Cahya disampaikan ‘Pada hari itu tanggal 29 Maret 2022 saya hanya mengantar Dadan Tri Yudianto ke Bank BCA dan lokasi Bongkaran Tanah Abang, selanjutnya kami langsung pulang ke rumah saudara Dadan di Cinere, Depok,” ujar Hasbi mengutip BAP Bagus.

Selain itu, Hasbi juga membantah menerima tiga tas mewah senilai Rp250 juta dari Dadan. Tiga tas mewah tersebut tidak pernah dikirimkan oleh Dadan kepada Hasbi.

Dalam hal ini, Hasbi mengutip keterangan istri Dadan, Riris Riska Diana yang di dalam persidangan menyebutkan tiga tas mewah itu berada di dalam mobil Dadan selama sekitar satu bulan sejak dibeli di Singapura.

Dalam surat dakwaan, JPU KPK mengatakan Hasbi menerima suap sebesar Rp3 miliar yang diantarkan langsung ke kantornya oleh Dadan Tri Yudianto. Ketika itu, Dadan disebut menyerahkan uang sekaligus salinan susunan majelis hakim terkait perkara Heryanto Tanaka.

Baca juga:
KPK panggil Fadel Muhammad

KPK periksa anggota DPRD Bandung soal titipan paket pekerjaan

Penyidik KPK periksa Yana Mulyana soal fee pemenangan tender proyek



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hasbi Hasan bantah terima uang Rp3 miliar dan tas mewah

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE