Kemenag: Waspadai modus berangkat haji tanpa antrean

id Visa haji, visa, haji, penipuan haji,Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief,Direktur Jen

Kemenag: Waspadai modus berangkat haji tanpa antrean

Arsip - Petugas saat menyiapkan dokumen paspor dan visa JCH di Gedung Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (14/7/2018). ANTARA/Dok.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama meminta masyarakat mewaspadai tawaran-tawaran pemberangkatan ibadah haji tanpa melalui antrean.

"Sudah banyak yang tertipu dengan iming-iming bisa berangkat haji tanpa antre atau haji langsung berangkat. Penawaran semacam ini makin masif diiklankan di media sosial," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Dalam iklan yang ditemui di media sosial, X, ditemukan penawaran berupa dapat memberangkatkan haji tanpa melalui antrean. Mereka mengklaim memiliki kuota khusus serta bisa menggunakan visa petugas haji atau visa ziarah.

Tarif yang ditawarkan untuk bisa berhaji tanpa antrean tersebut sekitar Rp310 juta. Angka itu lebih besar berkali lipat dari Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) reguler sebesar Rp56 juta.

Hilman menegaskan bahwa visa yang digunakan untuk ibadah haji hanya visa haji. Maka dari itu, ia meminta masyarakat untuk tidak tergiur dan tertipu oleh tawaran berhaji dengan visa di luar ketentuan yang ditetapkan Arab Saudi.

"Kami menegaskan lagi bahwa untuk keberangkatan haji harus menggunakan visa haji," kata dia.

Kemudian dalam penawaran di Medsos X, proses visa bisa diterbitkan dalam waktu yang cepat. Padahal saat ini Kementerian Agama tengah melakukan pemvisaan jamaah calon haji reguler yang telah terdata dalam sistem Sikohat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag minta masyarakat waspada modus berangkat haji tanpa antrean

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE