Pemkab Natuna-Kepri gelar aksi bergizi di sekolah

id Stunting ,Aksi bergizi,Natuna,Pelajar,Anemia,Tablet tambah darah,Sekolah,Remaja putri,kepri,natuna,SMA N 1 Bunguran Tengah,pemkab natuna,pemerintah ka

Pemkab Natuna-Kepri gelar aksi bergizi di sekolah

Remaja putri saat minum tablet tambah darah (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau menggelar kegiatan gerakan nasional aksi bergizi berupa senam sehat, konsumsi tablet tambah darah dan edukasi kesehatan di SMA N 1 Bunguran Tengah.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah di Natuna, Jumat, mengatakan kegiatan yang diawali dengan senam bersama itu bertujuan untuk mencegah terjadinya stunting dan menciptakan generasi unggul di masa akan datang. Kegiatan tidak hanya diikuti siswa SMA melainkan siswa SMP N 1 Bunguran Tengah.
 
"Ini merupakan intervensi spesifik untuk menurunkan angka stunting," ucap dia.

Hikmat menjelaskan, pada kegiatan tersebut juga dilakukan kegiatan sarapan bersama, dengan tujuan untuk mengedukasi pelajar tentang manfaat sarapan.

Ia menjelaskan sarapan merupakan hal yang wajib dilakukan, terlebih, untuk pelajar guna meningkatkan konsentrasi belajar.
 
Namun menu sarapan yang dikonsumsi sambung dia, harus sesuai dengan kebutuhan tubuh.
 
Sedangkan konsumsi tablet hanya diberikan kepada remaja putri yang bertujuan mencegah anemia dan sebagai persiapan masa kehamilan.
 
"Pemateri pada talk show ini ada dokter anak dan beberapa pemateri lainnya yang tujuannya untuk mempersiapkan anak menjadi generasi yang sehat," ujar dia.
 
Ia menjelaskan konsumsi tablet tambah darah tidak hanya dilakukan pada kegiatan tersebut namun, empat kali dalam satu bulan selama satu tahun.
 
Ia mengungkapkan, stunting menjadi perhatian khusus Pemkab Natuna. Oleh karena itu berbagai kegiatan dilakukan untuk mencegah dan menanggulanginya.
 
"Tablet tambah darah merupakan konsumsi wajib remaja putri minimal 48 kali dalam satu tahun," jelas dia.

Baca juga: BNN RI canangkan desa bersih narkoba di Kelurahan Muka Kuning-Batam

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE