KPU pastikan Pilkada Bintan hanya diikuti satu pasangan bakal calon

id Pilkada bintan 2024,KPU Bintan

KPU pastikan Pilkada Bintan hanya diikuti satu pasangan bakal calon

Ketua KPU Bintan Haris Daulay didampingi anggotanya. (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, memastikan Pilkada Serentak 2024 di daerah setempat hanya diikuti satu pasangan calon bupati dan wakil bupati, yaitu pasangan Roby Kurniawan-Deby Maryanti.

"Final, Pilkada Bintan hanya dengan satu pasangan calon bupati dan wakil bupati," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan Haris Daulay kepada ANTARA di Bintan, Rabu (4/9) malam.

Haris menyampaikan hal itu setelah berakhirnya masa perpanjangan pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 pada Rabu malam pukul 23.59 WIB.

Baca juga: KPU terima hasil pemeriksaan kesehatan bakal paslon Pilkada Lingga

Sebelumnya, KPU Bintan telah memperpanjang masa pendaftaran calon kepala daerah mulai tanggal 2 sampai 4 September 2024 setelah hanya ada satu bakal pasangan calon yang mendaftar pada masa pendaftaran tanggal 27–29 Agustus 2024.

"Malam ini kami juga menerima kunjungan salah satu bakal calon kepala daerah pada Pilkada Bintan, yaitu Nikolas Panama. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU masih terus membuka pendaftaran hingga pukul 23.59 WIB. Sekaligus menyampaikan bahwa dirinya tidak jadi mendaftar karena tidak mendapatkan rekomendasi partai politik," kata Haris.

Haris mengatakan bahwa KPU Bintan akan melanjutkan tahapan pilkada berikutnya, yaitu menyerahkan hasil penelitian administrasi pencalonan kepada pasangan Roby-Deby pada tanggal 5–6 September 2024, termasuk mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan pasangan calon dari RSUD Raja Ahmad Tabib, Provinsi Kepri.

Baca juga: Hasil tes kesehatan, KPU Karimun: Tiga bapaslon mampu jalankan tugas

"Jika ada berkas administrasi pencalonan yang masih kurang maka harus dilengkapi oleh pasangan calon dengan batas waktu perbaikan hingga tanggal 8 September 2024," ujarnya.

Pasangan Roby Kurniawan-Deby Maryanti mendaftar sebagai calon peserta Pilkada Bintan tahun 2024 dengan diusung 11 partai politik, yakni Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, NasDem, PKS, PAN, Perindo, Gelora, Hanura, PSI, dan PDI Perjuangan.

Baca juga:
KPU Kepri sebut dua bakal cagub-cawagub lolos tes kesehatan

Mensos hadiri rapat bersama Presiden di tengah isu mundur

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE