Dinkes Tanjungpinang target 1.450 akseptor melalui KB gratis

id Program KB gratis,akseptor KB, Dinkes Tanjungpinan

Dinkes Tanjungpinang target 1.450 akseptor melalui KB gratis

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam. (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menargetkan sebanyak 1.450 akseptor melalui program pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis yang berlangsung pada tanggal 10 hingga 20 September 2024.

"Program ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2024," kata Kepala Dinkes Tanjungpinang Rustam di Tanjungpinang, Selasa.



Rustam berharap program KB gratis ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pasangan usia subur di daerah itu.

Ia menyebut bagi pasangan usia subur yang membutuhkan pelayanan KB gratis dapat diakses di seluruh puskesmas, praktik mandiri bidan, puskesmas pembantu, dan klinik bersalin yang tersebar di seluruh wilayah setempat.

"Ada berbagai jenis kontrasepsi yang disediakan dalam pelayanan KB gratis ini, meliputi IUD (spiral), implan (susuk), pil, suntik, kondom, serta medis operasi wanita (MOW)," ujarnya.

Rustam memerinci target per jenis kontrasepsi, suntik sebanyak 914 akseptor, pil 290 akseptor, kondom 56 akseptor, IUD 44 akseptor, implan 131 akseptor, dan MOW 15 akseptor.

Ia menyampaikan program ini bertujuan membantu pasangan usia subur dalam perencanaan kehamilan dan kelahiran yang lebih baik, sehingga kesejahteraan keluarga dapat diupayakan secara maksimal.



“Dengan mengikuti program KB ini, pasangan usia subur dapat lebih terencana dalam merencanakan kehamilan dan kelahiran, yang pada akhirnya berdampak positif pada kesejahteraan keluarga,” ucap Rustam.

Ia mengimbau para suami juga bersedia menjadi akseptor KB dan tidak hanya mengandalkan istri, sebab kesuksesan program KB akan lebih besar jika suami-istri menjadi akseptor.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE