BMKG waspada hujan disertai angin di Natuna dan Anambas

id cuaca kepri sabtu, cuaca hari sabtu, prakiraan cuaca kepri, prakiraan cuaca sabtu, kepulauan riau, bmkg

BMKG waspada hujan disertai angin di Natuna dan Anambas

Pemandangan pagi hari di perairan Batam menuju Pulau Belakangpadang, Kepulauan Riau, Sabtu (17/8/2024). (ANTARA/ Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam mengimbau masyarakat di wilayah Natuna dan Anambas, Kepulauan Riau untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat/petir, serta angin kencang pada Sabtu pagi dan siang hari.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada pagi dan siang di wilayah Natuna dan Anambas,” kata Prakirawan Fitri Annisa.

Dia menjelaskan, ada belokan angin di sekitar wilayah utara Kepri serta nilai kelembapan udara lapisan atas yang relatif tinggi menambah potensi pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah tersebut.

“Secara umum untuk kondisi cuaca di wilayah Kepri diperkirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi dan siang hari,” katanya.

Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.

Cuaca Kota Batam diprakirakan pagi hari cerah berawan, siang ada hujan ringan, malam cerah berawan dan dini hari ada petir. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius dan angin datang dari arah Selatan dengan kecepatan 2-6 Km/jam.

Selanjutnya di Kota Tanjungpinang hampir sama dengan wilayah Batam, paginya cerah berawan, siangnya hujan ringan, malamnya cerah berawan dan malam diperkirakan terjadi petir. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 25-31 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 2-8 Km/jam.

Begitu pula cuaca di Kabupaten Bintan pagi hari cerah berawan, siang hujan ringan, malam hari cerah berawan dan dini ada petir. Suhu udara berkisar antara 24-30 derajat celcius dengan angin bertiup dari arah Selatan berkecepatan 2-5 Km/jam.

Lalu cuaca Kabupaten Karimun, cuaca pagi kondisi kabur, siangnya hujan ringan, malamnya cerah berawan dan dini hari hujan disertai kilat/petir. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat dengan kecepatan 1-11 Km/jam.

Kabupaten Lingga pagi dan siang diprakirakan berawan, malam cerah berawan dan dini hari ada petir. Suhu udara berkisar antara 27-32 derajat celcius. Angin bertiup dari arah Timur dengan kecepatan 8-9 km/jam.

Berikutnya Kabupaten Natuna paginya cerah berawan, siangnya hujan disertai kilat/petir, malam dan dini hari cerah berawan. Suhu udara diperkirakan 25-31 derajat celcius, dan angin dari arah Barat dengan kecepatan 2-8 Km/jam.

Terakhir Kabupaten Anambas pagi diperkirakan terjadi hujan disertai kilat/petir, siang dan malam hari cerah berawan dan dini hari cuaca kabur. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 5-14 km/jam.

Untuk ketinggian gelombang perairan di wilayah Kepri untuk Kota Batam dan Karimun dalam kondisi kategori tenang (0,1-0,5 meter), sedangkan wilayah lainnya, Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas kategori rendah (0,5-1,25 meter).

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE