SMAN 1 Singkep gelar simulasi UNBK

id simulasi UNBK,SMAN 1 Singkep

SMAN 1 Singkep gelar simulasi UNBK

Siswa SMA Negeri 1 Singkep saat melakukan simulasi UNBK atau CBT (Antaranews Kepri/Nurjali)

Lingga (Antaranews Kepri) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Singkep menggelar simulasi persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dalam rangka persiapan siswa kelas XII dalam menghadapi UNBK yang akan digelar di awal bulan April tahun 2018.

"Ini merupakan yang kedua kalinya kita gelar, sebelumnya pada bulan November lalu kita juga sudah melakukan simulasi supaya siswa lebih siap," kata Hazirun Kepala SMA Negeri 1 Singkep kepada Antara, Kamis.

UNBK yang juga disebut "Computer Based Test "(CBT) merupakan sistem ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan, mulai dilaksanakan di Kabupaten Lingga setahun yang lalu. SMA Negeri 1 salah satu sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan sistem ujian ICT ini.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 136 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Singkep ini ditambahkan Hazirun bertujuan untuk melatih dan membiasakan siswa untuk menghadapi UNBK secara nasional, di samping itu, kegiatan ini juga sebagai latihan mengerjakan soal berstandar nasional yang terdapat di Sistem Aplikasi UNBK Simulasi.

Pada pelaksanaan UNBK nanti sekolah menyiapkan 66 unit komputer yang dibagi menjadi tiga ruang kelas dengan setiap ruangnya terdapat 22 unit komputer. Masing-masing ruang dibagi menjadi tiga sesi yang akan dimulai dari pukul 07.30 pagi hingga pukul 16.00 wib petang.

"Kalau kendala yang kita hadapi saat ini, fasilitas komputer yang masih terbatas dan ada juga yang sudah rusak tak bisa digunakan, tapi kita tetap yakin UNBK tahun ini akan sukses," jelasnya.

Sekolah akan memanfaatkan seluruh komponen sekolah untuk saling bekerjasama dalam mensukseskan UNBK tahun ini, salah satunya di bidang kurikulum mempersiapkan siswa dalam mengisi materi pembelajaran, bidang sarana dan prasarana serta bidang kesiswaan mengatur tata tertib dan disiplin siswa untuk mengikuti kegiatan simulasi ini.

Sementara itu, ketua pelaksana simulasi UNBK Mazdawati mengatakan kegiatan ini digelar selama dua hari mulai dari Rabu hingga Kamis ini, dan kegiatan ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Adapun mata pelajaran yang akan diuji pada UNBK tahun ini, antara lain untuk pelajaran umum adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris.

"Jurusan yang ada di sekolah kita, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)," sebutnya.

Untuk jurusan IPA yang akan diuji antara lain Biologi, Fisika dan Kimia sementara untuk jurusan IPS yang akan diuji antara lain mata pelajaran ekonomi, sosiologi dan geografi. Sekolah menargetkan agar pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan dengan lancar dan tanpa kendala sehingga siswa di SMA Negeri 1 Singkep dalam mengikuti UNBK dengan nyaman. 

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE